Mahasiswa UTM Bantu Masyarakat Tengket Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok

Caption: Mahasiswa Universitas Trunojoyo foto bersama warga Desa Tengket dilokasi budidaya ikan lele.

BANGKALAN, Maduracorner.com, – Setelah memberikan pemahaman tentang budidaya ikan lele dengan sistem bioflok kepada masyarakat desa tengket, Kecamatan Arosbaya, mahasiswa KKN UTM mulai menerapkan sistem tersebut.

Bersama dengan ketua kelompok desa berdaya dan karang taruna Desa tengkat, para mahasiswa melepaskan ribuan bibit lele dalam kolam yang sudah diterapkan sistem bioflok.

Bacaan Lainnya
umroh

“Jadi setelah kita berikan pemahaman tentang sistem bioflok, hari ini kita akan terapkan cara budidaya dengan sistem ini” ucap Ahmad Fawaid setelah pelepasan bibit, Senin (05/12/2022) kemarin.

Untuk meningkatkan keberhasilan sistem bioflok ini, sebelumnya bibit yang akan disebar di sortir terlebih dahulu agar tiap kolam yang diisi sesuai kapasitasnya dengan bibit Lele yang akan ditabur.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kelebihan kapasitas yang dimana akan mengganggu proses perkembangan lele yang akan dibudidayakan.

“Jadi kalau kapasitas kolam terlalu banyak bibitnya nanti akan memengaruhi tingkat keberhasilan budidaya ikan lele” jelas Fawaid.

Hal ini diharapkan dapat meningkat pendapatan para pembudiya ikan lele didesa tengket karena budidaya dengan sistem bioflok dinilai lebih menguntungkan karena meminimalisir penggunaan pakan untuk lele.

“Diharapkan hal ini dapat menguntungkan para pembudidaya di sini, dan bisa menarik masyarakat lain agar bisa menambah pundi-pundi rupiah masyarakat” pungkasnya. (My)

Pos terkait