Mahasiswa UTM Demo Memasak Pempek LDR

1162 views

Maduracorner.com, Sampang, – Sebagai salah satu bentuk pengabdian pada masyarakat, mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 22 di Desa Ragung Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang, mengadakan demo memasak Pempek Lokal Desa Ragung (LDR), Rabu, (24/7/2019).

Pempek LDR tersebut merupakan pempek yang bahan utamanya adalah ikan Bandeng. Sebagaimana dikethui, Ikan Bandeng merupakan sebuah potensi yang ada di Desa Ragung.

“Maka dari itu, para mahasiswa KKN UTM kelompok 22 berinisiatif untuk mengadakan demo memasak Pempek yang dibuat dengan bahan utamanya ikan bandeng,” kata koordintor Desa KKN kelompon 22 M. Riski Yasin.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu-ibu PKK dan P2R (Persatuan Pemuda Ragung). Menurutnya, acara demo memasak yang diadakan pada hari sabtu, 20 juli 2019 menuai antusias para ibu-ibu. Pasalnya, Pempek LDR merupakan sebuah resep yang terbilang baru, inovatif, dan ekonomis bagi masyarakat di Desa tersebut. Sebab, pempek LDR bisa dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana dan ekonomis.

“Bahan-bahan yang diperlukan ¼ bandeng yang telah dihaluskan, tepung terigu 500 gram, 1 butir telur, merica, bawang putih, tepung tapioka 500 gram. Sedangkan bahan yang diperlukan untuk membuat kuah pempek adalah air 500 ml, bawang putih, cabai, gula merah, gula pasir, garam,” ujarnya.

Di awali dengan pembukaan semiformal dan penjelasan pembuatan pempek LDR secara singkat. Kegiatan itu juga diikuti dengan praktik langsung oleh mahasiswa KKN dan diperhatikan dengan baik oleh peserta. Sehingga menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam mulai dari pukul 09.00 WIB s/d 12.00 WIB.

“Kegiatan demo memasak berjalan dengan lancar, dan diakhiri dengan kegiatan pembagian Pempek LDR yang telah matang. Semoga dengan demo memasak ini dapat memberikan nilai tambah pada pengolahan ikan Bandeng, sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga desa Ragung,” pungkasnya (tkn)