Mahasiswa UTM Disuntik Vaksin Difteri

326 views

Mahasiswa UTM saat disuntik vaksin difteri. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- United Nations Emergency Children’s Fund (UNICEF) memberikan imunisasi gratis bagi mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Trujonojoyo Madura (UTM). Pemberian vaksin difteri ini, untuk mencegah wabah virus mematikan tersebut.

“Mahasiswa tidak hanya dituntut unggul dalam bidang keilmuan, tapi juga harus dipastikan sehat,” kata Kepala Perwakilan UNICEF Pulau Jawa, Ari Rukmantara, Kamis (20/9/2018).

Menurutnya, program imunisasi yang sedang dijalankan itu sebagai upaya menjaga kesehatan untuk merespon Kejadian Luar Biasa (KLP) penyakit difteri di Jawa Timur. Sebab, tahun lalu sekitar 400 orang terjangkit penyakit difteri.

“Imunisasi usia tingkat mahasiswa baru pertama dan menjadi sejarah di Jawa Timur. Target sebenarnya dari 0 sampai usia 19 tahun,” imbuh Ari.

Ari memprediksi usia 0-19 tahun di Kabupaten Bangkalan mencapai 300 ribu orang lebih. Di antaranya mahasiswa baru di kampus UTM yang diperkirakan berjumlah 1000 orang. Jika 95 persen mahasiswa mengkuti imunisasi, akan membuat cakupan program vaksin difteri jauh lebih besar.

“Ini bukan imunisasi dasar, tapi imunisasi yang diberikan karena ada KLB di Jawa Timur,” jelasnya.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Bangkalan Muhammad Rasuli menambahkan, imunisasi difteri adalah aset kesehatan masa depan. Melalui mahasiswa ini diharapkan bisa memberikan informasi kepada masyarakat betapa pentingnya imunisasi.

“Memang masih ada kendala dalam menjalankan program imunisasi. Salah satunya, masalah status halal dan haram,” terangnya.

Namun demikian sambung Rasuli, Dinkes Bangkalan akan terus berupaya menangani permasalahan yang dihadapi di lapangan dengan melakukan pendekatan-pendekatan. Khususnya, untuk kalangan pesantren.

“Sehat adalah aset, karena kalau sudah sakit butuh biaya yang tidak sedikit,” tandasnya. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad