Mahmudi : “Selama 10 Bulan Ini Mereka Kerja Apa Sih ?”

765 views
Mahmudi, sekretaris Komisi C. foto : krism/mc.com

Mahmudi, sekretaris Komisi C. foto : krism/mc.com

 

Penyediaan Anggaran Sejumlah SKPD Dinilai Berlebih | oleh : krism

Maduracorner.com, Bangkalan – Minimnya pencapaian realisasi pelaksanaan APBD khususnya anggaran belanja langsung di sejumlah unit SKPD Pemkab Bangkalan menyisakan pertanyaan besar. Selama 10 bulan ini mereka kerja apa sih ?

Pertanyaan sinis inilah yang dilontarkan sekretaris Komisi C DPRD Bangkalan, Mahmudi seusai hearing evaluasi pelaksanaan APBD dengan Badan Pertamben, Badan LHK dan Bagian Adbang Setda, Selasa (29/10) siang tadi.

“Terutama Pertamben yang masih menyerap 3 Miliar dari total alokasi belanja langsung 14 miliar lebih atau sekitar 20 persen dari target realisasi. Mereka sendiri yang bikin program, mereka juga yang minta anggaran besar. Lah kok begini realisasinya,” tanya Mahmudi.

Nah, dari kondisi itu, Mahmudi kemudian menilai sulit bagi SKPD tersebut untuk merampungkan pekerjaan mengingat sisa tahun anggaran tinggal 2 bulan lagi. Dia memprediksi anggaran itu tidak akan terserap secara keseluruhan, bahkan mungkin gak sampai separuhnya.

“Jika itu benar-benar terjadi, maka SKPD tersebut telah menyia-nyiakan anggaran. Walaupun sisa lebih tersebut dikembalikan ke kas daerah, tapi khan mubazir. Setidaknya jika hal ini dari dulu sudah diperkirakan tidak tercapai, bisa dialihkan ke sektor yang lebih bermanfaat bagi khalayak,” .

“Hasil evaluasi sementara, kami melihat ada kelebihan penyediaan anggaran pada sejumlah SKPD. Dan ini yang nantinya akan kami laporkan ke tingkat pimpinan, untuk kemudian sebagai bahan rekomendasi pada rapat paripurna laporan pelaksanaan APBD mendatang,” pungkas Mahmudi.(krs)

Email Autoresponder indonesia