Makkah Diterjang Banjir, 2 Tewas dan Ribuan Jamaah Terjebak di Masjidil Haram

Hujan deras, guntur, dan petir yang akan melanda Makkah, Jeddah, dan Hail. By : An – Sukma Indah Permana 

Sukma Indah Permana

Maduracorner.com.Bangkalan  – Banjir terjadi akibat hujan deras yang melanda di kawasan Makkah dan Hail, Arab Saudi pada Kamis (8/5). Akibatnya, dua orang meninggal dunia, terjadi pemadaman listrik dan ratusan mobil rusak. 

Seperti yang diliansir Arabnews, Sabtu (10/5/2014), banjir yang menggenangi Makkah dan sekitarnya ini merendam dan menyeret ratusan mobil. 

Seorang saksi mata Mohammed Hammed mengatakan kepada Arab News bahwa mobil seorang temannya tersapu bajir di Souk Hijaz, pusat perbelanjaan di Jeddah Road. Banjir juga merusak ratusan mobil di bagian lain dari Makkah termasuk Sharayah , Aziziyah , Misfalah, dan Otaibiah.

Sedangkan kawasan The Jeddah sampai Makkah Expressway dan jalan raya menuju Riyadh juga sempat ditutup untuk mengantisipasi banjir.

Dilaporkan terdapat pengendara mobil yang mencoba untuk menerjang banjir di kawasan Al-Khafj Valley. Namun, derasnya arus banjir mengangkat mobil tersebut hingga terbalik. Terdapat lima orang di dalam mobil tersebut. Empat orang berhasil menyelamatkan diri sementara satu orang terjebak dan tenggelam dalam mobil tersebut. 

Kawasan ini mengalami curah hujan yang tak biasa. Terdapat sejumlah laporan kerusakan salah satunya adalah rubuhnya atap sebuah pasar modern terkemuka dalam Makkah Mall. Beruntung tidak ada yang terluka dalam kejadian itu.

makkah

Sedangkan Juru bicara Pertahanan Sipil Makkah, Brigjen Kolonel Saleh Al-Alyani, mengatakan seorang ekspatriat Aftika meninggal di distrik Mansour karena tertimpa pohon.

Pertahanan Sipil setempat mengerahkan helikopter, 23 tim patroli, 16 tim penyelamat, dan enam personel bersepeda motor ke Masjidil Haram untuk membantu evakuasi para jemaah. 

Sukma Indah Permana1

Seorang jamaah, Mohammed Abdul Rahum dirinya sangat berbahagia bisa melakukan tawaf di tengah hujan lebat dan guntur. Terdapat ribuan jamaah yang terjebak di Masjidil Haram sejak maghrib baru bisa keluar dari kawasan itu pada tengah malam.

Otoritas setempat mengingatkan bahwa masih ada potensi hujan deras, guntur, dan petir yang akan melanda Makkah, Jeddah, dan Hail. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk waspada.

 

Sumber : detik.com

Email Autoresponder indonesia