Masjid Jamik Salah Satu Bangunan Tertua

642 views
image

Masjid Jamik Salah Satu Bangunan Tertua

Sumenep, Maduracorner.com- Masjid Jamik yang terletak di jantung Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur  merupakan salah satu bangunan 10 masjid tertua dan mempunyai arsitektur yang khas di Nusantara.

Pantauan Maduracorner, Sabtu (14/2/2015), dilihat dari arah timur, terlihat tampak tembok yang kokoh dan indah menjulang, dengan arsitektur bangunan masjid, secara garis besar banyak dipengaruhi unsur kebudayaan tiongkok, eropa, jawa, dan madura.

Puluhan pengunjung dibuatnya kagung pada keindahan masjid jamik yang ada di pulau madura paling timur tersebut. Sehingga membuat banyak sebagian besar dari mereka adalah warga dari wilayah itu. Namun, tak jarang juga ditemui pengunjung dari luar Kabupaten Sumenep.

Seperti halnya, Khairum Anam, warga asal Kabupaten Pamekasan ini menuturkan, dirinya memang sengaja berlibur ke Kabupaten Sumenep tersebut.

“Saya sering berlibur kesini mas, soalnya lokasi depan masjid jamik sangat indah dan ramai akan pengunjung,” katanya sambil memandang pada bangunan masjid.

Pemuda berusia 27 tahun ini menambahkan, pengunjung taman bunga tersebut tidak hanya dari masyarakat Madura, melainkan dari luar.

“Saya sering menemuai pengunjung dari luar Madura memakai bus singgah di halaman masjid ini. Ya, karena, memang sangat indah,”. ungkapnya.

Penulis : Ari.                                              Editor : Gebril Altsaqib

Email Autoresponder indonesia