Masjid Ladju Merupakan Masjid Tertua di Sumenep

1645 views

Tidak banyak yang tahu. By : Famelia

Masjid Ladju

Masjid Ladju

Maduracorner,Bangkalan –  Kabupaten Sumenep yang dikenal dengan kota santri  banyak memiliki berbagai macam ragam kebudayaan, serta bangunan – bangunan tua didalamnya.

Misalnya saja, Masjid Agung  yang berdiri kokoh di jantung kota Sumenep, banyak didatangi oleh para wisatawan dari luar pulau Madura.

Namun, mereka tidak banyak yang tahu, bahwa sebelum Masjid Agung berdiri, Sumenep telah memiliki sebuah Masjid tertua di Jalan Panglima Sudirman yang dinamakan Masjid Ladju oleh masyarakat Sumenep.

Menurut Takmir Masjid,  Nuzullah, Masjid Ladju tersebut dibangun pada saat pemerintahan Pangeran Anggadipa tahun 1926 hingga 1644.

Selain itu, bangunannya pun hingga saat ini masih asli seperti pertama kali dibangun, hanya saja tambah Nuzullah, dibagian depan masjid dibangun teras yang dibuat khusus bagi mereka yang ingin beristirahat.

“Masjid laju merupakan masjid yang paling tua di Sumenep sebelum masjid Agung dibangun, dan masjid laju dibangun pada saat pemerintahan Pangeran Anggadipa tahun 1926 hingga 1644.”ujarnya Rabu (24/07)

Nuzullah juga menguraikan  khusus bulan Ramadhan seperti saat ini, biasanya masjid ladju menggelar serangkaian kegiatan, mulai dari buka bersama, teraweh, hingga tadarus.

Namun, untuk tahun ini  hanya dapat menggelar taraweh bersama, karena Ketua Takmir Masjid Ladju kh. Abdul gaffar  saat ini sedang terbaring sakit. (Famelia/AKS)

Sumber : KBRN, Sumenep

Email Autoresponder indonesia