Masyarakat Saobi Lega atas Hasil Definitif Cagar Alam Baru

742 views

Maduracorner.com, Sumenep – Masyarakat pulau Saobi Kecamatan Arjasa yang selama ini masih ngambang dan bingung atas kepemilikan lahan yang menjadi cagar alam, saat ini bisa bernafas lega. Hal tersebut seiring dengan menyusulnya didefinitifkannya penataan batas cagar alam di Desa Saobi di Kepulauan Kangean ini.

Kepala Desa Saobi, Rifaie Rahman mengakui, pasca dilaksanakannya Rapat Pembahasan Hasil Penataan Batas Definitis Cagar Alam Pulau Saobi, oleh Panitia Tata Batas (PTB) Kawasan Hutan Kabupaten Sumenep. Masyarakat sangat antusias dan senang, karena  masyarakat tidak lagi ragu untuk memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam dan berkebun.

“Masyarakat di Pulau Saobi selama puluhan tahun sudah menunggu kebijakan untuk difinitifnya cagar alam tersebut,” terangnya.
 
Sebab, jika sesuai data pada area cagar alam Pulau Saobi sebelumnya, tercatat luas cagar alam Pulau Saobi seluar 509 hektar, sehingga jika itu yang menjadi patokan, maka banyak rumah masyarakat yang akan tergusur, karena termasuk dalam area tersebut.

Namun, berkat usaha yang dilakukan bersama tim, seluruh panitia tata batas kawasan hutan di Kabupaten Sumenep, akhirnya yang didefinitifkan cagar alam Pulau Saobi seluas 36,826 hektar, yang berarti seluas 72 hektar lebih merupakan hak masyarakat setempat.

“Yang jelas, masyarakat bisa memanfaatkan lahan yang telah menjadi hak masyarakat untuk dijadikan lahan pertanian dan perkebunan, dan tetap harus turut serta menjaga kelestarian cagar alam, dan hutan lindung yang ada disana,” pungkasnya. (tgh/lam)

Email Autoresponder indonesia