Mayoritas Peziarah Akui Kesan Religius Makam Syaichona Cholil

613 views
tampak para peziarah makam syaichona cholil. foto : yan/mc.com

tampak para peziarah makam syaichona cholil. foto : yan/mc.com

Peziarah Makam Syaichona Moh.Holil : Oleh Aryan
Maduracorner.com, Bangkalan– Kesohoran K.H. Syaichona Moh.Holil sebagai seorang ulama besar dan penyebar agama islam tidak hanya dikenal di pulau Madura saja. Tapi sudah meluas hingga ke tanah Jawa, Sumatera, Kalimantan bahkan sampai keluar negeri.

Ada yang menarik dari kasak kusuk yang menyebar di kalangan peziarah. Yakni perasaan religius yang kental dalam benak para peziarah makam Syaichona Moh.Holil “Perasaan saya menjadi tenang mas ketika berziarah dan  bermunajat kepada Allah di makam ulama besar itu,” ujar Dadang asal desa Telaga Warna kecamatan Leles kabupaten Garut, Jawa Barat.

Perasaan senada juga dituturkan Hj. Sunarti asal kabupaten Sleman propinsi Jateng. Menurutnya, ketika berdo’a didepan makam ulama karismatik itu, ada sesuatu yang aneh menyelinap seperti cerita teman-teman lainnya. “Hati ini menjadi adem, tenteram dan lepas sudah segala unek-unek yang menjadi ganjalan selama ini. Kalau ada waktu saya ingin berziarah kesini lagi,” tuturnya kepada MC.com, Rabu (6/3).

Tak heran jika para peziarah yang berkunjung ke makam ulama besar (K.H.Syaichona Moh.Holil) yang berada satu kompleks dengan mesjid Mubaroq desa Mertajasah kecamatan / kabupaten Bangkalan tersebut selalu padat pengunjung. Terlebih jika bertepatan dengan hari-hari libur Islam, Sabtu dan Minggu banyaknya pezairah tak terhitung jumlahnya. (yan)

Email Autoresponder indonesia