Melalui Kreasi Anyaman, SD Durinan Konang Turut Harumkan Bangkalan

Siswa SDN saat unjuk kebolehan menganyam tikar dan membuat dompet. foto: aryan/mc.com

Siswa SDN saat unjuk kebolehan menganyam tikar dan membuat dompet. foto: aryan/mc.com

Raih Juara II Nasional | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Buah kerajinan tangan tak hanya menyimpan nilai seni tapi juga nilai ekonomi dan prestasi yang patut dibanggakan. Seperti yang dilakukan para pelajar asal SDN Durinan II kecamatan Konang, Bangkalan. Kreativitas mereka dalam membuat anyaman daun pandan menjadi dompet, tempat tissu dan tikar mencatatkan sebuah prestasi di tingkat nasional. Siswa SDN Durinan II ini berhasil menyabet juara II festival karya seni tingkat nasional tahun 2012.

“Sejak tahun 2007 sampai sekarang. Kami didik anak-anak cara membuat membuat kerajinan tangan berupa dompet segala ukuran, tempat tissu dan tikar untuk sholat ukuran. Alhamdulillah kerajinan ini bisa mengantarkan mereka menjuarai lomba karya seni tingkat nasional,”ujar Kasek SDN Durinan Timur 1 Konang, Abd.Haris.

Dia menguraikan, kreasi ini sengaja dipilih karena selain memiliki nilai ekonomi, bahan bakunya juga mudah didapat. Daun pandan yang dipakai sebagai bahan dasar pembuatan banyak tumbuh di pekarangan warga. Selanjutnya, daun pandan itu lantas dijemur selama 4-5 hari, sesudah kering dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan. kemudian disempurnakan dengan pewarna alami tetumbuhan.

“Alhamdulillah, berkat ketekunan anak-anak, mereka berhasil menyabet Juara II lomba membuat dompet pada tahun 2012 di Jakarta,” terangnya.

Tak hanya itu, karya mereka juga mampu membawa profit. Terbukti dalam pameran yang digelar di pekan raya bangkalan, hasil karya mereka terutama tikar dan dompet dari berbagai ukuran laris terjual dengan harga mulai dari Rp.25 ribu sampai Rp.50 ribu/ per unit.

“Alhamdulillah, jualan dompetnya laris manis. Hasilnya nanti akan dibagi dua, 50 persen untuk siswa dan 50 persen untuk sekolah,” pungkasnya.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia