Memasuki Musim Pancaroba

506 views

Musim Kemarau Belum Berakhir |    Oleh : Aryan

Kepala BPBD Bangkalan, Wahid Hidayat-foto : sokumen/MC.com

Kepala BPBD Bangkalan, Wahid Hidayat-foto : sokumen/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Meski tanda-tanda musim pancaroba telah tiba dan lebih cepat dari perkiraan semula, akan tetapi bukan berarti musim kemarau di Kabupaten Bangkalan telah berakhir. Sebab sesuai ramalan dari Badan Meterologi Klimatogi dan Geofisika (BMKG) Sidoarjo disebutkan bahwa hujan turun belum secara menyeluruh di kabupaten/kota di Jatim.”Saat ini hujan turun masih bersifat lokal dan sporadis di Kabupaten Bangkalan,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Bangkalan, Wahid Hidayat, Selasa, (29/10).

dijelaskan dia, menurut pantauan BPBD selama musim hujan yang terjadi beberapa minggu belaka kangan ini, ternyata belum merata di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bangkalan. Tapi hanya dibeberapa lokasi tertentu dan curah hujannyapun tidak lama. Hujan sebagian turun di kecamatan kota Bangkalan, sebagian di kecamatan Kamal, Tanah Merah, Burneh, sebagian kecil Kwanyar, Tragah dan Arosbaya.

“Kepastian pergantian iklim dari musim  kemarau ke musim hujan diperkirakan akhir bulan Desember nanti. Namun yang perlu diwaspadai masyarakat saat ini adalah tiupan kencang angin puting beliung yang sewaktu waktu bisa menimbulkan bencana,” pungkas Wahid Hidayat. (yan/min)