Membanggakan! Ponpes Al-Amien Prenduan Juara Tingkat ASEAN

669 views

SUMENEP, MADURACORNER.COM- Tim debat bahasa Arab Pesantren (Ponpes) Al-Amien Prenduan, Sumenep mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Kontingen yang terdiri dari mahasiswa dan santri itu, menyabet juara pertama dan menjadi best speaker dalam lomba tingkat Association of South East Asia Nations (ASEAN) di Malaysia, Senin (2/4/2018).

Pondok modern di ujung timur pulau Madura itu, mendelegasikan dua kontingen untuk tingkat perguruan tinggi dan sekolah menengah atas (SMA) dalam lomba debat bahasa Arab bertajuk Intifal Institusi Pengajian Tinggi ASEAN 2018 tersebut.

Dalam kompetisi yang berlangsung sejak tanggal 30 Maret-2 April 2018 ini, mahasiswa Institut Dirosat Islamiyah (IDIA) dan santri Tarbiyatul Mu’allimien Al-Islamiyah (TMI) mampu mengungguli peserta dari Singapura, Brunei Darussalam dan peserta dari negara lainnya.

“Semoga ini menjadi sebuah keberkahan. Allah Meridloi usaha mereka dan segenap guru di Al-Almien Prenduan,” kata Pengasuh Ponpes Al-Amien Prenduan, Dr. KH. Ahmad Fauzi Tidjani, MA.

Pendamping tim debat Ponpes Al-Amien Prenduan, Ustadz Suhaimi Zuhri mengaku bangga dan terharu anak didiknya bisa menjadi yang terbaik dalam lomba debat bahasa Arab di Universiti Sains Islam Malayasia (USIM) itu. Terlebih, keikutsertaan di tingkat ASEAN merupakan yang pertama kali.

“Mereka benar-benar berkompetisi dengan penuh semangat dan tanggung jawab meskipun persiapannya mepet,” paparnya.

Suhaimi berharap prestasi ini bisa menginspirasi mahasiswa dan santri lainnya. Apa yang telah diraih patut disyukuri, namun tidak lantas berpuas diri. Berkat usaha dan doa restu dari para kaia dan guru, kontingen Ponpes Al-Amien Prenduan mampu meraih juara pertama sekaligus sebagai best speaker.

“Peserta lomba mayoritas santri dan mahasiswa yang meraih juara kompetisi bahasa Arab di negara masing-masing,” tandasnya. (*)

Regu Lomba Debat Bahasa Arab tingkat SMA :
1. Firdaus Ulul Abshor (Kelas V DIA A TMI asal Bangkalan)
2. Salman Biltysr (Kelas V DIA A TMI asal Tasikmalaya)
3. Ilman Faris (Kelas V DIA A TMI asal Sapeken)
4. Ali Sajad (Kelas III Intensif A TMI asal Bluto)

Regu Lomba Debat Bahasa Arab tingkat Perguruan Tinggi:
1. Abdul Hakim (Semester VI IDIA asal Bangkalan)
2. Miftahul Hadi (Semester VI IDIA asal Gapura)
3. Seif Robert el Haq (Semester VI IDIA asal Probolinggo)
4. Alfian Darmawan (Semester II IDIA asal Bogor).

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Achmad