Meminimalisir Angka Laka Lantas, Sopir Bus AKP Dan AKDP Di Tes Urine

Meminimalisir Laka | Oleh : Aryan

 

tampak supir bus Akas saat diperiksa urine-Foto : Aryan/MC.com

tampak supir bus Akas saat diperiksa urine-Foto : Aryan/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Sekitar  21 sopir bus Antar Kota Antar Propinsi (AKP) dan Bus Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) yang transit di terminal kota Bangkalan diwajibkan menjalani tes urine. Hal ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas diwilayah hukum Kabupaten Bangkalan. Tak heran, para supir bus yang kebetulan transit di terminal Bangkalan itu merasa terkejut dengan razia tes urine yang dilakukan secara mendadak tersebut.

“Sempat dibuat terkejut juga mas, saya pikir ada pemeriksaan rutin kelengkapan surat- surat kendaraan. Ternyata pemeriksaan test urine tapi saya mendukung karena demi keselamatan penumpang,” terang sopir bus AKAS, Jamal (46), warga Kecamatan Pademawu, Pamekasan seusai  urinenya test.

Kasatlantas Polres Bangkalan, AKP Yusis Budi K kepada wartawan mengatakan, dari 21 supir yang ditest urinenya, tidak ada satupun yang menggunakan zat adiktif yang dikatagorikan sangat berbahaya itu.  “Dari hasil pemeriksaan dan uji laboratorium, semuanya negatif,” kata Yusis Budi.

Walaupun demikian, lanjut dia, pihaknya akan tetap menggelar tes urine secara berkala dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, guna menekan angka laka lantas yang semakin menghawatirkan itu. “Kita tetap pada komitmen semula untuk menjaga dan mengurangi angka laka serta kenyamanan penumpang,” pungkasnya.

Sementara itu, dari data yang ada di kantor  Satlantas Polres Bangkalan, selama 3 bulan berturut – turut  (Januari – Maret 2013) tercatat sekitar 38 laka lantas di Kabupaten Bangkalan. Dengan rincian pada bulan Januari 19 kejadian, Februari 19 kejadian dan Maret 20 kejadian.
“Mayoritas terjadi laka tersebut di akses jalan Kecamatan Tanah Merah – Galis yang dikenal dengan sebutan  blackspot,” ungkapnya. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia