Mendekati Tahun Baru, Penjual Kalender Laris Manis.

758 views

Maduracorner.com, Bangkalan- menjelang tahun baru 2013, penjual kalender yang biasa mangkal di emperan toko Pecinan di Jalan Panglima Sudirman, dagangannya laris manis.

“Sejak H-2 tahun baru, dagangan Kalender saya laris mas,”kata salah seorang penjual kalender, Fahrus kepada Mc.com, Sabtu (29/12/2012).

Dijelaskan Fahrus, Kalender tersebut barangnya murah, akan tetapi besar manfaatnya.

“Kalender baru kelas ekonomi ini murah harganya, tapi besar manfaatnya bagi golongan masyarakat kelas ekonomi bawah,” terang Fahrus.

Dijelaskan Fahrus, ada 3 jenis gambar kalender yang sangat laku dijual dan disukai oleh masyarakat. Tiga gambar jenis kalender yang disukai itu adalah kalender dengan gambar masjid, gambar tokoh dan gambar ulama yang sangat dihormati dan disegani serta diminati oleh kalangan santri.

Sementara Kalender dengan gambar artis sinetron, model atau penyanyi ngetop, kebanyakan diburu oleh para pelajar, remaja dan ABG. Sedangkan kalender polos tapi isinya lengkap dengan waton atau perhitungan hari yang dianggap baik paling laris. Karena tersebut biasanya sering gunakan masyarakat untuk mencari hari baik untuk acara pernikahan, membangun rumah, memulai usaha atau bisnis disektor informal.

“Pada hari-hari biasa tepatnya awal berjualan kalender pada Oktober 2012 silam. Seharinya laku antara 15-20 ekseplar, namun jelang tahun baru 2013 bisa mencapai 40-50 eksemplar,” tuturnya.

Sementara, harga kalender biasa atau kelas ekonomi dijual antara Rp 5 ribu hingga Rp 6 ribu/kalender. Untuk kalender ukuran besar harganya Rp 15 ribu/kalender.

“Rata-rata keuntungan saya dari menjual kalender ini per harinya antara Rp 75 ribu hingga Rp100 ribu,” pungkas Fahrus.(yan/min)

Email Autoresponder indonesia