Menjelang Bulan Ramadhan Harga Daging Melambung

973 views
image

Suasana dan Kesibukan di Pasar KLD Bangkalan

Bangkalan, maduracorner.com – Bahan pokok mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan saat mendekati bulan ramadhan ini. Tak terkecuali harga daging ayam potong dan daging sapi. Melonjaknya harga ini berpengaruh terhadap menurunya nilai jual.

Tak tanggung-tanggung, kenaikan harga daging di pasaran berkisar antara 5 ribu sampai 10 ribu rupiah dalam sepekan terkahir. Tidak menutup kemungkinan, harga tersebut akan terus mengalami lonjakan sampai bulan suci Ramadhan tiba.

Pantauan maduracorner.com di pasar induk Ki Lemah Duwur (KLD) Bangkalan, harga ayam potong yang biasanya dijual 25 ribu perkilogram kini menjadi 30 ribu. Sementara, daging sapi yang awalnya seharga 95 ribu perkilogram naik menjadi 110 ribu.

“Beberapa waktu terakhir harga daging memang naik. Biasanya memang begitu karena hampir masuk bulan ramadhan dan sudah setiap tahun seperti ini,”ujar pedang daging di pasar KLD Bangkalan, Sumiarsih kepada maduracorner.com, kamis (11/6/2015) siang.

Ibu dua anak ini tidak memungkiri jika melambungnya harga akan terus berlanjut hingga Ramadhan tiba. Namun begitu, melonjaknya harga ini tidak berpengaruh terhadap pendapatan para pedangan karena tingkat penjualan dagangannya ternya menurun. “Sebelum harga naik, dagangan saya banyak terjual kadang sampai habis. Kalau sekarang orang belinya sedikit-sedikit karena mahal,”keluh Sumiarsih.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bangkalan, Ir. Puguh Santoso berjanji dalam waktu dekat akan menggelar operasi pasar untuk meninjau langsung kenaikan harga kebututuhan pokok di pasar. “Kami sangat paham dengan kegelisahan masyarakat terkait melonjaknya harga kebutuhan termasuk daging. Makanya, kami akan meninjau langsung,” janjinya.(hery/mad)

Penulis : Heriyanto
Editor  : Mamad El Sahraawy

Email Autoresponder indonesia