Menko Polhukam dan Ketua KPK Hadiri Mubes di Ponpes Syaichona Cholil Bangkalan

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto membuka Musyawarah Besar (Mubes) I Alumni dan Simpatisan Pondok Pesantren (Ponpes) Syaichona Moh Cholil, Kelurahan Demangan, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (31/3/2018).

Kedatangan mantan panglima TNI itu, mewakili Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir memenuhi undangan mubes bertajuk “Eksistensi Alumni di Era Globalisasi” tersebut.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo juga turut hadir di mubes yang akan digelar selama dua hari itu. Dia didaulat sebagai pemateri dalam Seminar Anti Korupsi dengan tema “Pencegahan Korupsi melalui Peran Pondok Pesantren”.

Ketua Umum Mubes I Alumni dan Simpatisan Syaichona Moh Cholil (Asschol), KH Nasih Aschal menyampaikan acara mubes ini berangkat dari pemikiran tentang kebangsaan dan keagamaan. Pesan penting yang disampaikan kepada masyarakat bagamaina agar Indonesia semakin baik kedepannya.

“Alumni pesantren juga memiliki tanggung jawab dan peran penting dalam memajukan Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan,” ungkap Ra Nasih sapaan akrabnya.

Menurutnya, kaum pesantren juga menaruh perhatian khusus dan berkomitmen dalam memerangi serta memberantas praktik-praktik korupsi. Sebab, prilaku yang koruptif sangat merugikan dan merusak tatanan bangsa Indonesia.

“Kami tidak hanya mengkafirkan penista agama, tapi juga bagi para koruptor,” tegasnya. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Achmad