Menyusut Separuh, Dana Bantuan PKH Dikeluhkan

518 views
salah satu penerima dana bantuan PKH, Hotijah menunjukkan selembar uang nominal seratus ribu. foto : aryan/mc.com

salah satu penerima dana bantuan PKH, Hotijah menunjukkan selembar uang nominal seratus ribu. foto : aryan/mc.com

Nominal Bantuan PKH Menyusut Drastis | Oleh: Aryan
Maduracorner.com, Bangkalan – Hari terakhir pencairan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Bandang Lao’ Kecamatan Kokop menuai tanya dan keluhan. Pasalnya, program dana bantuan bagi warga kurang mampu ini nilainya menyusut hingga 60 prosen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tahun sebelumnya saya menerima Rp.1, 2 juta tapi tahun ini cuma Rp. 600 ribu,” wadul Maninten (45) seusai mencairkan dana bantuan di Kantor Pos kecamatan Sepulu, Selasa (21/5).

Keluhan senada juga dilontarkan Muna (50). Tahun kemarin, dia menerima Rp.600 ribu sekarang hanya menerima separuhnya, yakni Rp 300 ribu. Begitu pula Sumriyah (55), yang hanya menerima Rp 200 ribu, padahal tahun kemarin dia mendapat bantuan PKH sebesar Rp 400 ribu. Yang paling parah adalah Hotijah (43), tahun lalu dia menerima Rp 250 ribu dan sekarang cuma Rp.100 ribu.

“Saya cuma dapat Rp 100 ribu pak, untuk ongkos pulang dari kantor pos Sepulu kerumah saya di Bandang Lao’, saya harus urunan ongkos carter MPU sama ibu-ibu lainnya masing-masing dipungut Rp 15 ribu,” keluhnya.

Camat Kokop, Hadori saat dikonfirmasi lewat telepun selulernya mengatakan hanya ikut menghadiri pencairan PKH pada hari pertama saja di kantor pos Kecamatan Sepulu.

“Soal besar kecilnya nominal bantuan PKH kepada warga Kecamatan Kokop, bukan wewenang dan kapasitas saya untuk menjawabnya,” pungkas Hadori.(yan/krs)