Minat Baca Warga di Balai Perpustakaan Bangkalan Masih Minim

898 views

image

Ikustrasi

Bangkalan, maduracorner.com – Minat baca buku masyarakat Bangkalan di balai perpustakaan Bangkalan ternyata masih terbilang minim. Hal ini berdasarkan hasil survey dari Dinas Perpustakaan Provinsi Jatim pada akhir tahun 2015 silam.

Padahal idealnya menurut rata-rata yang diharapkan dari pusat minimal diatas 80 persen. “Hasil survey baru mencapai 64 persen,”kata Kepala Kantor Perpustakaan Kabupaten Bangkalan, Kamil kepada maduracorner.com, Jum’at, (18/3/2016).

Namun menurut Kamil sendiri, minat baca dari masyarakat dan genertasi muda di Bangkalan sebenarnya ada peningkatan yang signifikan. Itu sebabnya para petugas yang melayani peminjaman buku-buku perpustakaan umum diminta berpakaian biasa. Hal ini agar tidak kelihatan terlalu formal dan masyarakat yang hendak membaca atau pinjam buku bisa bebas keluar masuk ruang perpustakaan tersebut.

Dengan satu catatan bagi warga yang membawa tas harap dititipkan dulu. “Berdasarkan catatan kantor balai perpustakaan kami, minat baca warga Bangkalan yang datang berkunjung dan meminjam buku-buku bacaan rata – rata diatas 80 persen,”papar mantan Sekretaris Disdik Bangkalan tersebut.

Selain selalu menambah koleksi buku-buku bacaan ter-update, Kantor Perpustakaan ini juga banyak menerima sumbangan buku-buku bacaan dari masyarakat luas. Termasuk hampir merata di setiap pondok pesantren (PP) di Bangkalan punya perpustakaan sendiri.

Bahkan ada warga di pedesaan seperti di Kecamatan Konang telah mempunyai Perpustakaan buku-buku pribadi sendiri sampai 750 judul dan memberi masyarakat pinjaman buku-buku bacaan secara gratis kepada masyarakat setempat.

Hanya saja, warga pemilik perpustakaan tersebut belum mengetahui jika memiliki perpustakaan itu harusnya didaftarkan di Kantor Perpustakaan Bangkalan gratis tanpa biaya. “Harapan kami, target perpustakaan dan minat baca masyarakat dari tahun ketahun akan semakin meningkat,”pungkas Kamil. (yan/mad)

Penulis : Aryanto
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia