Minggu Besok, KPU Sumenep Gelar Pemilu Ulang

656 views
Ketua KPU Sumenep, Thoha Shamadi. foto : teguh/mc.com

Ketua KPU Sumenep, Thoha Shamadi. foto : teguh/mc.com


Surat Suara Diprediksi Tiba Malam Ini | oleh : Teguh

Maduracorner.com, Sumenep – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep memastikan kesiapan seluruh logistik untuk pemungutan suara ulang di 8 TPS di Kecamatan Batuputih, dan Kecamatan Ambunten, Minggu (13/4) besok.

Hal itu ditegaskan Ketua KPU Sumenep, Thoha Shamadi Sabtu (12/4) siang tadi. Dia menegaskan hampir seluruh logistik telah disiapkan. Hanya saja, untuk kekurangan surat suara, saat ini masih dalam proses penjemputan ke percetakan PT. Pura di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

“Kami sudah mengutus seorang staff dikawal petugas Polres setempat, untuk mengambil kekurangan surat suara Pemilu ulang, Minggu (13/04) besok, ke PT. Pura, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah,” jelasnya.

Thoha menuturkan, kekurangan surat suara hanya terjadi di Kecamatan Batuputih.  Jumlah kekurangan surat suara itu sebanyak 800 lembar, yakni 650 lembar surat suara DPRD Propinsi Jawa Timur, dan sisanya 150 lembar surat suara DPRD Kabupaten Sumenep, khusus 6 TPS daerah pemilihan (Dapil) 4, di Kecamatan Batuputih.

Penjemputan itu sendiri semata-mata dilakukan guna mempersingkat waktu. Hasil koordinasi Pimpinan Polres Sumenep dengan Pimpinan Polres Kudus, surat suara dari PT. Pura sebanyak 1 kardus berisi 800 lembar, langsung dikirim lewat darat dengan mobil Patwal Lantas setempat.

“Surat suara itu ditunggu di Surabaya dan diserahkan kepada petugas kami yang selanjutnya langsung dibawa ke Sumenep. Diperkirakan surat suara pemilu ulang itu akan tiba di KPU Sumenep, nanti malam (12/04),” terangnya.

Pemilu ulang di 8 TPS tersebut, dikarenakan ditemukan adanya surat suara yang tertukar pada tingkat DPRD. Surat suara di 6 TPS di Kecamatan Batuputih, yang masuk Daerah Pemilihan (Dapil) 5 tertukar dengan dapil 7, Kecamatan kepulauan meliputi Arjasa, Kangayan dan Sapeken. Sedangkan di 2 TPS di Kecamatan Ambunten yang masuk Dapil 4 tertukar dengan Dapil 5, meliputi Kecamatan Batuputih, Batang-batang, Gapura, dan Dungkek.(tgh/krs)

 

 

Email Autoresponder indonesia