Miniatur Perahu Nusantara, Hasil Kegiatan Eskul Siswa SMPN 1 Geger

Manfaatkan Limbah Lokal   |   Oleh:Aryan

Kepala Sekolah SMPN-1 Geger, Hj Sei Mulyati memperlihatkan Miniatur Perahu hasil kegitan Eskul siswanya-Foto : Aryan?MC.com

Kepala Sekolah SMPN-1 Geger, Hj Sei Mulyati memperlihatkan Miniatur Perahu hasil kegitan Eskul siswanya-Foto : Aryan?MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – banyaknya sumber daya alam (SDA) yang melimpah seperti bambu dimanfaatkan oleh siswa SMPN-1 Geger menjadi karya seni yang menarik. Salah satunya dijadikan miniatur Perahu dan asbak. “Dalam kegiatan Ekstra Kurikuler (Eskul) ini kita memang sengaja memanfaatkan bahan baku bambu, karena disini bambu ini sangat banyak sekali,” kata Kepala Sakolah SMPN 1 Geger, Hj Sri Mulyati, Sabtu .

Dijelaskan sri Mulyati, sisa potongan bambu yang biasanya sering dipakai sebagai kayu bakar oleh orang tuanya di sulap menjadi karya seni yang mempunyai nilai tambah. “Miniatur perahu karya siswa ini kadang dikutkan pameran ditingkat kecamatan, kadang juga dibawa ke pameran tingkat kabupaten, ya Alhamdulilah hasil karya anak-anak ini banyak disukai,” tuturnya.

Karya miniatur perahu Nusantara yang terbuat dari bamboo itu merupakan hasil karya Choirul Anam siswa kelas IX A. “Miniatur Perahu Nusantara ini murni hasil dari eskul siswa kami,” jelas Hj Sri Mulyati.

Lebih lanjut Hj Sri Mulyati mejelaskan, jenis karya siswa didiknya itu tidak hanya berupa miniature perahu nusantara saja, akan tetapi beragam corak dan modelnya. “Ada yang dibuat asbak dan karya seni lainnya, yang penting, bagaimana cara dalam kegiatan eskul ini kita memotivasi anak- anak untuk berkreasi dengan biaya murah dan kita memanfaatkan limbah bambu yang tidak sangat banyak disini,” ungkap mantan guru SMP 6 Bangkalan ini. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia