Mitan Naik 4 Kali Dalam Sebulan, Warga Mengeluh

821 views
pengecer Mitan-foto: Aryan/MC.com

pengecer Mitan-foto: Aryan/MC.com

Dari Rp.10 Ribu-Rp.13.500 | Oleh:Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – Warga kota Bangkalan keluhkan naiknya harga minyak tanah (mitan) hingga 4 kali dalam sebulan. “Harga perliter mitan dalam bulan ini sudah naik 4 kali mas”, ujar Soleha kepada MaduraCorner.com, Senin Pagi, (16/12).

Menurut Soleha, kenaikan mitan sifatnya berjenjang. Artinya pada awal Desember 2013 dari Rp. 11 ribu naik menjadi Rp.11.500, kemudian naik lagi menjadi Rp.12 ribu. Seminggu yang lalu naik lagi menjadi Rp.12.500 dan hari ini naik menjadi Rp.13 ribu/liter.

“Saya susah kalau harga mitan naik secara terus menerus. Sebenarnya saat konversi mitan ke LPG 3 kg sudah mendapat jatah secara gratis dari pemerintah. Tapi saya merasa trauma setelah tabung LPG saya meledak setahun lalu. Kemudian kembali memakai mitan dan harganya naik terus,” keluhnya.

Sementara, salah satu pengecer mitan di belakang gereja jalan Truno joyo Bangkalan mengatakan kenaikan mitan dipicu naiknya nilai tukar dollar akhir -akhir ini. Apalagi selama ini negara kita ditengarai masih mengimport minyak mentah dari luar negeri. Praktis, jika nilai tukar dollar terhadap rupiah naik, harga mitan juga ikut-ikutan naik. Dampaknya, para pengecer mitan yang jumlahnya sekitar 7 orang itu, 6 orang diantaranya sudah tutup.

“Dulu, sebelum ada konversi mintan ke LPG, sehari bisa laku 11 drum mitan. Tapi sekarang 1 drum baru habis 10 hari kemudian. Sebenarnya usaha ini mau saya tutup tapi kasihan kepada para pelanggan lama. Apalagi keuntungan mitan perliternya sangat tipis, cuma Rp.200 tidak cukup dengan tenaga yang dikeluarkan,” pungkasnya. (yan/oeb).

Email Autoresponder indonesia