Mobil Bak Terbuka Prioritas Penertiban Satlantas Sampang

763 views

image

Sampang,Maduracorner.com– mobil bak terbuka yang digunakan untuk mengankut orang di kabupaten marak. Maraknya angkutan bak terbuka yang juga biasa mengakut  sapi disertai penumpang  menjadi prioritas  penertiban lalu lintas. Meski mobil bak terbuka itu kerap terjaring razia,  namun pada umumnya sopir tidak jera dan mokong serta tetap menggunakan kendaraannya  mengangkut orang.

Padahal kendaraan bak terbuka itu sangat berpotensi menimbulkan kecelaan lalu lintas dalam jumlah korban yang banyak. “Dari hasil evaluasi kendaraan yang berpotensi kecelakaan lalu lintas seperti kendaraan angkutan barang yang digunakan untuk mengangkut orang memberikan sumbangsih yang besar dalam vatalitas korban meninggal dunia, jadi kita tekan dengan menggunakan penindakan”. kata. Kasat Lantas Polres Sampang Iptu Aditia Kusuma, sabtu (13/09/2014).

Dikatakan Aditia, aparat kepolisian lalu lintas tidak mau di tuding melakukan pembiaran dengan adanya kendaraan pic-kup yang mokong mengangkut sapi beserta pemiliknya yang kadang berjumlah hingga 8 orang yang bergelantungan di bak kendaraan hingga kepala kendaraan dijadikan tempat tongkrongan.

“Hukum itu mengenal istilah diskresi atau kearifan lokal, kalau kita tindak secara tegas itu juga mengganggu aktifitas budaya masyarakat setempat. Bagaimanapun juga budaya kultur orang Madura mayoritas berdagang sapi, jadi kita maklumi tapi dengan batasan maksimal 2 orang yang dibelakang untuk menjaga sapinya. Dan juga tidak boleh ada yang berdiri atau duduk di kepala pickup atau truk,”pungkas Aditia.

Guna menekan angka kecelakaan lalu lintas, polisi terus melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas dengan melibatkan stakeholder, lembaga pemerintahan maupun lembaga sekolah.

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor   : Sohib

Email Autoresponder indonesia