Modus Penipuan Catut Institusi Polri Marak

608 views

image

Pamekasan, Maduracorner.com – Aksi penipuan berkedok anggota kepolisian mulai marak dan meresahkan masyarakat. Tak tanggung-tanggung, si penipu mengaku sebagai perwira polisi.

Pelaku melancarkan aksinya dengan menghubungi calon korban melalui sambungan telepon. Terlebih dahulu pelaku memberitahu bahwa salah satu anggota keluarga calon korban terlibat kejahatan.

Seperti yang dialami Andree Havid (45), salah satu jurnalis radio nasional yang bertugas di Pamekasan. Beberapa hari lalu dia ditelepon orang tak dikenal yang mengaku anggota Polda Jatim.

Kepada Andree, pelaku mengaku bernama AKP. Bambang Waluyo salah satu anggota satreskoba Polda Jatim dan mengabarkan bahwa anaknya sedang ditangkap karena terlibat narkoba.

“Saya sempat panik karena pelaku memperdengarkan suara tangisan anak-anak,” kata Andree kepada Maduracorner.com, Rabu (28/01/15).

Andree mulai curiga ketika pelaku tidak tahu nama dari anak yang ditangkap tersebut. Sehingga Andree berbalik mengerjai pelaku dengan berpura-pura sebagai anggota Polisi yang bertugas di Polres.

“Setelah itu omongan pelaku sudah mulai ngawur, dan mengakhiri telepon tanpa sempat memintai sejumlah uang,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Pamekasan AKBP. Sugeng Muntaha meminta masyarakat agar waspada dan berhati-hati agar tidak mudah tergiur dengan iming-iming hadiah sebelum mengecek dan berfikir logis.

“Kalau tidak ada kait mengait dengan yang dia lakukan kenapa harus ditanggapi, harus dikroscek, jangan langsung diiyakan,” katanya.

Penulis : Mustofa El Abdy.                       Editor : Gebril Altsaqib

Email Autoresponder indonesia