Moratorium TKI ke Timur Tengah Diberlakukan, Dinsos Nakertrans Intensifkan BLK

image

Para Wanita Yang Sedang Dilatih di BLK Bangkalan

Bangkalan,maduracorner.com –  Kebijakan moratorium TKI oleh pemerintah RI disikapi dengan cepat oleh kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Bangkalan. Salah satunya dengan melakukan pelatihan keterampilan di Balai Latihan Kerja (BLK) bagi warga agar tidak perlu bekerja ke luar negeri.

Pelatihan keterampilan di gedung BLK Kabupaten Bangkalan ini, meliputi beberapa kejuruan yang telah dipersiapkan oleh Dinsos Nakertrans. Yakni kejuruan untuk komputer, menjahit, las, listrik dan elektronik.

“Tahun ini kuota pelatihan di BLK untuk 80 orang. Pelatihan ini meliputi 5 kejuruan. Masing-masing kejuruan pesertanya 16 orang,” tutur Sekretaris Dinsosnakertrans, Siti Aminah kepada maduracorner.com, senin (11/5/2015) siang.

Ia juga menambahkan, sistem kuota ini terpaksa diberlakukan karena minimnya anggaran pelatihan yang ada. “Dana yang kita punya terbatas. Sementara para peserta BLK ini kan kita gratiskan semua”,tambah Amina.

Meski demikian, dari pantauan Dinsosnakertrans dua tahun terakhir, para peserta BLK lulusan pelatihan ini bisa hidup mandiri secara ekonomi. Yakni  dengan membuka usaha rumahan sendiri. Diantaranya membuka usaha menjahit di rumah. “Harapannya setelah menempuh pelatihan selama satu bulan, mereka bisa mandiri tanpa memiliki keinginan untuk bekerja ke luar negeri,” tandasnya. (her/mad)

Penulis: Heriyanto
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia