Motor Dirampas Debt Collector, Warga Datangi Polres

1134 views
image

Warga demo polres

Pamekasan, Maduracorner.com – Sejumlah warga yang menjadi korban perampasan motor oleh debt collector mendatangi Mapolres Pamekasan untuk mengadukan tindakan nakal para debt collector tersebut.

Mereka datang untuk meminta perlindungan hukum kepada kepolisian perihal tindakan para perusahaan pembiayaan (leasing) yang menggunakan jasa debt collector untuk merampas motor para kreditur bermasalah.

“Kami ingin polres Pamekasan menindak tegas leasing nakal yang menggunakan jasa debt collector dan melakukan razia di jalan karena meresahkan masyarakat,” kata koordinator
aksi Nur Faisal, Senin (14/9/2015) siang.

Padahal lanjut Faisal, seharusnya leasing sebagaimana peraturan kapolri No. 8 Tahun 2011 dapat mengajukan permohonan pendampingan eksekusi terhadap barang jaminan atas kredit bermasalah.

“Jangan sampai oknum masyarakat mengambil kewenangan kepolisian, jangan sampai parahnya lagi, teman-teman di kepolisian membiarkan kewenangannya diambil, ” imbuh Faisal.

Dirinya juga menginginkan agar Polres Pamekasan memperketat penerbitan STNK dan BPKB yang diajukan oleh perusahaan pembiayaan (leasing) dengan kewajiban menyertakan akta sertifikat fidusia.

“Kami punya kecurigaan dan kecurigaan kami mungkin sangat beralasan, bahwa para pengusaha tidak pernah melakukan pendaftaran terhadap lembaga fidusia,” sambungnya.

Sebab lanjut Faisal, masyarakat yang tidak memegang akta fidusia cenderung bisa diambil kapan saja sepeda motornya, tapi kalau punya akta fidusia, maka tidak ada alasan untuk melakukan pengambilan.

“Kami menginginkan agar Polres melakukan audit investigasi kepada semua perusahaan pembiayaan terkait kelengkapan fidusia sebagaimana diatur dalam undang-undang,” tegasnya.

Menanggapi tuntutan pendemo, Wakapolres Pamekasan, Kompol Hendrik Purwono mengakui banyaknya debt collector yang banyak melakukan perampasan di jalanan yang meresahkan masyarakat.

“Kami harap kerjasamanya dan dukungannya juga, sama-sama memberikan masukan, jadi rekan-rekan memberi masukan, kami akan mengambil langkah, rekan-rekan melaporkan kami akan menindaklanjuti,” pungkasnya.

Penulis : Fatahillah Kamali
Editor : Altsaqib

Email Autoresponder indonesia