Mulai Bulan ini, Pengurusan Dokumen Kependudukkan Gratis

606 views
Kabid Administrasi Kependudukan H. Djayus Suyuti-foto: Nizam/MC.com

Kabid Administrasi Kependudukan H. Djayus Suyuti-foto: Nizam/MC.com

Dispenduk bakal drop blangko ke desa-desa I Oleh : Nizamuddin

Maduracorner.com-Bangkalan-Menjelang diberlakukannya Pelayanan Pengurusan dokumen Kependudukan secara gratis oleh Pemerintah mulai bulan April 2014 mendatang, Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Bangkalan Jawa Timur, menyedaikan blanko dan form yang berkaitan dengan pengurusan dokumen kependudukan keseluruh Desa di Kabupaten Bangkalan.

Hal ini merupakan penerapan dari UUD NO 24 tahun 2013 tentang admintrasi kependudukan, yang akan menggratiskan pengurusan dokumen kependudukan pada setiap penduduk, mulai dari Pengurusan Kartu Susunan Keluarga (KSK), KTP, maupun Akte Kelahiran.

“Jadi untuk mempermudah dan memperlancar pelayanan terhadap masyarakat, kita sudah sediakan blanko disetiap desa, kan prosedur pengurusan dokumen kependudukan ini, dari Desa, Kecamatan dan Dinas Kependudukan, jadi nantinya pelayanan pengurusan dokumen kependudukan tidak dipungut biaya apapun,”. Jelas Kabid Administrasi Kependudukan. H. Djayus Suyuti

Dikatakan Djayus, intinya Program ini untuk melengkapi administrasi Kependudukan mulai dari tingkat Desa hingga tingkat Kabupaten.

“Maka dari itu blanko-blanko ini ada yang di drop ke Desa ada yang ke Kecamatan, dan ada yang di Dinas Kependudukan, yang tujuannya untuk memperlancar terhadap pelayanan publik,” pungkas Djayus.(nzm/shb).

Email Autoresponder indonesia