Musim 2015: ISL 3 Pemain Asing, Divisi Utama Full Lokal

564 views


maduracorner.com, Bangkalan
– PT Liga Indonesia mengambil kebijakan drastic dalam pertemuan Executive Comitte (Exco) PSSI. Yakni memangkas kuota pemain asing untuk kompetisi musim 2015 mendatang. Seperti yang dilansir lama PT LI, mereka hanya memberi jatah 3 pemain asing yang boleh dikontrak klub-klub ISL. Sementara untuk Divisi Utama malah tidak diperkenankan pemakaian pemain asing sama sekali.

Padahal di musim 2014, klub ISL diperbolehkan mengontrak 4 pemain asing dengan format 3 plus 1. Artinya, 3 pemain asing bebas dari negara mana saja sementara 1 kuota lainnya wajib pemain asal AFC. Sementara level Divisi Utama musim lalu dijatah 3 pemain.

Dengan pemangkasan kuota ini, praktis akan banyak pemain asing yang harus bersiap meninggalkan hingar bingar Liga Indonesia. Utamanya mereka yang memiliki kemampuan pas-pasan. “Untuk kompetisi musim 2015 mendatang, klub ISL hanya boleh mengontrak 3 pemain asing dari negara mana pun. Sementara untuk Divisi Utama, harus full lokal”,ujar CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono.

Ia menerangkan, pembatasan pemain luar ini salah satunya untuk melindungi pemain asli Indonesia. Utamanya pemain muda yang memang membutuhkan lebih banyak pengalaman tanding di kompetisi level atas.

Hal lain yang menjadi sorotan terkain keberadaan pemain asing adalah kondisi financial klub. Sebagaimana diketahui, nilai kontrak pemain asing rata-rata lebih tinggi daripada pemain lokal. Hal ini menyebabkan banyak klub kelimpungan untuk membayar atau melunasi kontrak maupun gaji mereka. Utamanya klub-klub di level Divisi Utama. Dengan kebijakan ini, tentu diharapkan tidak ada lagi klub yang mengalami kesulitan financial atau tidak mampu menggaji para jugador tersebut. (mad)
 
Penulis: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia