Musim Hujan, Harga Ikan Laut Dipasar Tradisional Klampis Naik

 

Nelayan takut  Melaut | Oleh : Aryan

penjual ikan di pasar tradisional kecamatan Klampis-foto: aryan/MC.com

penjual ikan di pasar tradisional kecamatan Klampis-foto: aryan/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Harga ikan laut berbagai ukuran dipasar tradisional Klampis Kecamatan Klampis naik dua kali lipat. Kenaikan harga laut itu disebakan karena musim hujan, angin barat dan gelombang besar hampir 2 meter tingginya yang terjadi diperairan Klampis beberapa hari belakangan ini.

“Harga ikan laut mulai kemarin naik dua kali lipat mas,” ujar. Hodijah kepada MC.com, Selasa, (18/2).

Menurutnya,  harga ikan laut panjang  5 cm dalam 10 ekornya, pada hari hari biasa harganya Rp. 10 ribu sekarang naik menjadi Rp 20 ribu. Ikan laut ukuran 20 cm dari Rp. 7.500 naik menjadi Rp  15 ribu/ekor  dan ukuran panjang 30 cm dari Rp. 10 ribu naik menjadi Rp. 20 ribu/ekor.

“Saya kalau beli ikan ukuran 20 cm, biasany 4 atau 5 ekor. Tapi sekarang  terpaksa beli 2 ekor saja,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang istri nelayan, Suliha yang menjual ikan hasil tangkapan suaminya dipasar tersebut mengatakan kenaikan harga ikan itu terpaksa dilakukan. Karena jumlah tangkapan ikan berkurang akibat gelombang tinggi dan suaminya tidak setiap waktu bisa melaut.

“Suaminya saya tidak setiap saat bisa melaut dan tangkapan ikannya juga tidak terlalu banyak. Belum lagi untuk menutupi biaya BBM-nya. Jadi terpaksa harga ikan dinaikan” pungkasnya.(yan/shb)

Email Autoresponder indonesia