Musim Hujan, Waspada DBD Mengancam Warga

911 views

Maduracorner.com, Bangkalan, Musim penghujan terus berlangsung terjadi di Kabupaten Bangkalan. Sehingga tak ayal Demam Berdarah Dengue (DBD) mengancam warga Bangkalan.

Dinas Kesehatan (Dinkesl Kabupaten Bangkalan mencatat sudah ada 8 orang warga Bangkalan terjaring DBD.

Hal tersebut disampaikan Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan, Maryamah. Menurutnya, data yang di peroleh pihaknya tercatat ada delapan orang yang positif.

Ia menghimbau bila ada masyarakat yang terkena kriteria DBD, laporkan ke puskesmas dan rumah sakit sehingga bisa dilaporkan ke Dinas Kesehatan untuk ditindak lanjuti petugas di lapangan.

“Untuk dilakukan pencegahan melalui penyemprotan, pemberian Abate dan kegiatan yang lain untuk memberantas DBD,” ungkapnya, Jumat, (7/2/2020).

Maryamah juga menambahkan, perbandingan DBD sepanjang tahun 2019 jumlah positif DBD 141 orang dan diawal tahun 2020 mulai bulan Januari dan februari sudah ada 8 orang yang sudah positif terserang DBD.

“Meski demikian kita tetap mensosialisasikan untuk pencegahan bahkan kita lakukan fogging dan obat Abate, untuk antisipasi ditakutkan angka tersebut semakin meningkat, “tambahnya.

Pihaknya juga menghimbau, supaya masyarakat membiasaka pola hidup bersih. Seperti membersihkan tempat penampungan air, termasuk membersihkan selokan dan bak mandi karena sarang nyamuk berkembang biak dilingkungan yang kotor.

“DBD ada karena faktor lingkungan, bila masyarakat tidak sadar menjaga kebersihan maka berpotensi menumbuhkan penyakit DBD,” cetusnya.

Perlu diketahui, anggaran mencegahan DBD sebesar Rp. 200 juta yang diperuntukkan pada program sosialisasi, pencegahan, penyemprotan, pemberian Abate dan kegiatan yang lain untuk memberantas DBD. (tkn).

Email Autoresponder indonesia