Musim Kacang, Puluhan Kera Alas Turun Gunung

705 views
Ilustrasi

Ilustrasi

Serbu Tanaman kacang warga I Oleh : Nur Sofia

Maduracorner.com, Sampang – Saat musim tanam kacang tiba, puluhan Kera liar yang hidup di hutan dejeh Desa Plakaran Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang mulai turun gunung, puluhan kera liar ini secara berkelompok mencari makan di kebun milik Warga Desa setempat, akibatnya tanaman kacang milik warga banyak yang hilang dimakan kera.

Menurut Yanto Warga Desa Plakaran, kawanan kera liar mencari makan pada pagi hari dan hanya memakan kacang di kebun milik warga yang jauh dari pemukiman, setelah kenyang kawanan kera akan kembali ke gunung, warga sempat mengusir kera – kera tersebut namun kawanan kera akan kembali lagi pada saat pemilik kebun sudah pergi.

“Repot juga mengusirnya, tidak mungkin kita jaga kebun seharian, biasanya kera mencari makan berkelompok antara 3 sampai 5 ekor, banyak juga batang kacang yang di cabuti kera, kalau di hitung – hitung ya rugi juga ” Kata Yanto.

Warga setempat menyebutnya Kera “Alasen” dan tergolong  hewan pintar,  sebab kera – kera tersebut akan bersembunyi apabila ada orang, namun apabila suasana sepi kawanan kera langsung menyerbu kebun kacang dan mencabuti batang pohon kacang serta memakan biji kacangnya.

Dari keterangan warga setempat, kawanan kera liar ini hanya turun dari gunung saat musim tanam kacang dan akan terus di datangi kawanan kera hingga tanaman kacang berumur 3 bulan, diperkirakan kera tersebut berasal dari hutan di sekitar Bendungan Klampes yang sejalur dengan hujan dejeh Plakaran. (fia/shb)

Email Autoresponder indonesia