Musim Nikah, Ratusan R2 Berkonvoi “Toron” ke Madura

770 views

image

Bangkalan,maduracorner.com – Seperti sudah menjadi tradisi tiap tahun, warga Madura kembali ‘toron’ saat musim nikah seperti saat ini. Tradisi ‘toron’ ini adalah kebiasaan sebagian masyarakat untuk mudik sejenak ke kampung halaman di Madura. Mereka biasanya yang sehari-harinya bekerja atau mencari nafkah di Surabaya dan sekitarnya.

Jika diperhatikan, warga yang ‘toron’ ini biasanya berkonvoi  dengan naik sepeda motor (R2). Rata-rata mereka masih 1 keluarga yang hendak menghadiri pernikahan sanak famili di kampung halamanya. “Saya ‘toron’ untuk acara pernikahan keponakan di desa Robatal, Sampang,”ujar Ibrahim, saat ditemui maduracorner.com di akses suramadu, Minggu (15/2/2015) siang.

Ibrahim menuturkan, ratusan warga Madura yang berkonvoi “toron” itu tujuannya  tidak hanya ke Sampang saja. Tapi ada yang ke Bangkalan dan Pemekasan. “Karena bulan ini memang bulan baik untuk menggelar hajatan pernikahan. Konvoi ratusan R2 yang toron ke Madura tersebut ada yang ke Sampang, Bangkalan dan Pamekasan. Tujuannya sama yakni untuk menghadiri hajatan nikah keluarga, famili atau kenalannya di desa masing-masing,”ungkapnya.

Selain untuk tujuan tersebut, tradisi ‘toron’ juga digunakan sebagai sarana menyambung tali silaturrahmi. “Itu hal penting juga. Biar tali kekeluargaan ini tidak putus. Jadi tidak hanya saat lebaran, namun momen ‘toron’ seperti ini juga untuk bersilaturrahmi dengan keluarga besar di kampong”,pungkasnya. (yan/mad)

Penulis: Aryan

Email Autoresponder indonesia