Muslim Pro, Aplikasi Pendukung Ibadah Ramadan

698 views

Pengingat waktu imsak, adzan, penunjuk arah kiblat, dan bacaan Al-Quran. By : AN – Siti Sarifah Alia

259501_aplikasi-muslim-pro_663_382

Maduracorner.com.Bangkalan –  Banyak aplikasi Ramadan di Google PlayStore. Salah satu yang menempati posisi paling atas dan terbanyak di download adalah Muslim Pro.

Ditelusuri VIVAnews, Senin 7 Juli 2014, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 5 juta kali. Keterangan dalam aplikasi ini menyebutkan Muslim Pro telah diunduh oleh 10 juta pengguna muslim yang tersebar di 215 negara di dunia.

Fitur yang ada di dalamnya berisi pengingat waktu berpuasa, pengingat waktu solat, suara dan notifikasi Azan dalam bentuk visual maupun audio. Di dalamnya juga ada bacaan Alquran, baik berupa skrip berbahasa arab, fonetik, lengkap dengan terjemahan dan audio-nya.

Tak ketinggalan penunjuk arah kiblat, kalender hijriah, dan beberapa informasi terkait dengan restoran yang menyediakan makanan halal, serta masjid terdekat.

Untuk menggunakan semua aplikasi ini, khususnya info restoran halal dan penunjuk arah kiblat, smartphone harus terhubung terlebih dahulu dengan GPS. Sistem aplikasi Muslim Pro kemudian akan mencari lokasi sehingga semua info yang muncul akan disesuaikan dengan lokasi sekitar.
Versi Berbayar
Aplikasi ini memang gratis dan diperuntukkan bagi siapa saja pengguna Android yang membutuhkannya. Namun ada juga versi berbayarnya. Jika pengguna menginstal aplikasi gratisan, maka setiap halaman yang diakses, di bagian atas atau bawah, akan terdapat tampilan iklan memenuhi lebar layar. Namun jika pengguna membeli aplikasi ini maka iklan tersebut akan diganti dengan notifikasi waktu solat yang akan berlangsung.

Selain itu, pengguna berbayar Muslim Pro juga bisa mengganti warna tema dari tampilan yang ada. Untuk mendapatkan theme itu maka pengguna harus mendownload versi berbayarnya. Jika pengguna gratisan maka default warna tema yang ada hanyalah hijau. Terdapat 4 tema tampilan berbeda untuk versi berbayar.

Bagi pengguna yang ingin mengirimkan salam ramadan berupa kartu digital, Muslim Pro juga menyediakan 20 kartu ucapan digital ‘Eid Mubarak’. Bahkan pengguna bisa mengkostumisasi kartu tersebut melalui tulisan yang akan disertakan.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk upgrade ke versi premium dibandrol sekitar Rp55.000. (ren)

Sumber : © VIVA.co.id