Musrenbang RKPD 2020, Pemkab Bangkalan Prioritaskan Pengetasan Kemiskinan

Wakil Bupati Bangkalan, Drs Mohni. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Pengentasan kemiskinan pada tahun 2020, menjadi skala prioritas
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Program ini, menjadi pembahasan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Rabu (20/3/2019).

“Kemiskinan di Bangkalan masih di angka 19 persen,” kata Wakil Bupati Bangkalan, Drs Mohni usai menghadiri Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020.

Selain itu, Pemkab Bangkalan juga membahas peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, infastruktur, dan perumahanan laik huni. Hal ini,selaras dengan tema yang diusung yakni Percepatan Pembangunan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Penyelenggara Pelayanan Publik Dasar yang Merata.

“Mengentaskan kemiskinan bukan perkara mudah, karena fariabelnya bisa dilihat dari kualitas pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan perumahan laik huni,” imbuhnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bangkalan, Mohammad Fahri menambahkan, Musrenbang RKPD tahun 2020 ini untuk menggali isu-isu strategis pembangunan daerah, dalam rangka mencapai kesejahteraan rakyat.

“Jadi ada lima program yang dirioritaskan pemerintah daerah. Mulai dari kemiskinan, pendidikan, kesehatan, infrastruktur hingga rumah laik huni,” terangnya.

Pelaksanaan pembangunan yang baik kata Fahri, harus dimulai dari perencanaan yang baik pula. Perencanaan ini, harus digali dari akar permasalahan yang dihadapi masyarakat. Sehingga solusi yanh dihasilkam benar-benar tepat sasaran.

“Perencanaan juga diarahkan untuk lebih memantapkan pembangunan secara menyeluruh di berbagai bidang,” jelas Kepala Bappeda Kabupaten Bangkalan, Mohammad Fahri. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad