Narapidana Lapas Pamekasan Dilatih Jadi Tukang Bangunan

207 views

PAMEKASAN, MADURACORNER.COM-Sebanyak 50 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dilatih menjadi tenaga ahli kontruksi atau yukang bangunan, Kamis (11/3/2019).

“Sebanyak 50 narapidana dan 2 petugas mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas di bidang jasa konstruksi tahap III,” kata Kalapas Kelas II A Pamekasan, M. Hanafi

Pelatihan ini merupakan kerja sama dengan kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI dalam bidang konstruksi tentang peningkatan kapasitas bagi petugas dan warga binaan lapas.

“Kementrian PUPR RI menugaskan 5 orang instruktur guna mewujudkan impian Lapas Pamekasan untuk bisa membina mereka dengan tujuan mengangkat kualitas SDM naralidana,” imbuhny.

Para narapidana dilatih menjadi tenaga ahli bidang konstruksi sesuai kemampuan masing masing. Dan semua ini butuh proses karena tidak secara instan.

” Nanti ada penilaian objektif dari petugas, cocoknya jadi kepala tukang atau kontraktor,” tuturnya.

Dari hasil pelatihan ini, nantinya Napi berkesempatan mendapatkan sertifikasi tenaga terampil tukang kayu, besi, batu, las dan lainya yang disesuaikan dengan kemampuan masing masing.

” Ini adalah proses bagaimana para narapidana kalau mereka keluar bisa menghidupi dirinya sendiri dan mampu mensejahterakan keluarganya,” jelas Hanafi. (*)

Penulis: Mohammad H

Editor: Ahmad