Nasib Guru Sukwan Memprihatinkan, Honornya Masih Dibawah UMK

image

Bangkalan,Maduracorner.com– nasib para guru sukwan di kabupaten Bangkalan masih memprihatinkan. Pasalnya,  honor yang mereka terima setiap bulan masih dibawah upah minimum kabupaten (UMK) Bangkalan. “Sebagai salah satu sukwan guru SD yang sudah mengabdi selama 5 tahun, saya merasa kecewa karena honor yang saya terima cuma Rp 350 ribu/bulan, ” ujar guru sukwan  yang namanya minta dirahasikan  usai mengikuti upacara dikantor Kecamatan Galis  Selasa, (25/11/2014). 

Hal senada juga diungkapkan salah seorang Guru Sukwan lainnya, guru yang tengah  mengikuti upacara  peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke – 69, yang digelar oleh komunitas guru di UPT Disdik Galis Kecamatan Galis di SDN 1 Pakaan Dajah Kecamatan Galis mengatakan, . Ungkapan serupa juga disampaikan dirinya yang telah mengabdi selama 8 tahun sebagai guru di Kecamatan Galis, hanya  menerima  honor RP. 500 ribu tanpa tunjangan apapun. “Saya tidak bisa ngomong lagi mas, honor saya cuma Rp.500 ribu/bulan.  Tidak cukup mas, jika untuk biaya hidup sebab saya punya istri dan satu anak,” keluhnya kepada MC.com

Sementara itu Ketua PGRI Kecamatan Galis, Suparto mengatakan sangat perihatin jika melihat kondisi honor yang diberikan kepada para sukwan yang mengabdi sebagai guru SD. Apalagi honor yang dibayarkan kepada sukwan tersebut sangat tergantung dari kondisi keuangan sekolah. Padahal tenaga para sukwan tersebut sangat  dibutuhkan sebagai seorang guru bantu dikelas. “Masalah ini sudah saya laporkan ke pengurus PGRI Kabupaten Bangkalan.  Dengan harapan supaya  nasib puluhan sukwan yang menerima honor dibawah standar UMK Bangkalan mendapat perhatian,” pungkasnya.   

Penulis : Aryan
Editor   : Sohib

Email Autoresponder indonesia