Naskah UAS Genap Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Amburadul

853 views
image

Kepala MI Taufiqus Sibyan Proppo, Ach. Fakih

Pamekasan, Maduracorner.com – Naskah ujian akhir semester (UAS) genap tingkat madarasah ibtidaiyah yang dikeluarkan oleh kementerian agama kabupaten Pamekasan amburadul.

Pasalnya hampir semua soal mata pelajaran agama islam terjadi banyak kesalahan, diantaranya mapel Al-Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, Bahasa Arab, dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Kepala MI Taufiqus Sibyan Proppo, Ach. Fakih mengatakan semua guru kebingungan dengan kesalahan naskah UAS untuk kelas VI Madrasah Ibtidaiyah tersebut.
“Jangankan siswa, guru pengajarnya juga bingung untuk bisa menjawab soal tersebut,” katanya kepada wartawan, Selasa (05/05/2015).

Dikatakannya, guru terpaksa harus memperbaiki butir demi butir soal ujian yang ada. Sehingga mengganggu jalannya ujian yang seharusnya berlangsung selama 90 menit.
“Guru di sekolah harus menulis ulang kalimat arab untuk mempermudah siswa menjawab,” imbuhnya.

Fakih yang juga pemerhati pendidikan di Kabupaten Pamekasan mengaku prihatin dengan adanya kesalahan tersebut sebab menurutnya kejadian itu sangat fatal untuk penanaman nilai agama islam.
“Mau dibentuk seperti apa karakter pendidikan islam di di Indonesia khusunya di Pamekasan,” tambahnya.

Dia meminta agar pembuat naskah tersebut adalah guru mata pelajarannya dan kemenag membentuk tim editor naskah masing-masing bidang sebelum akhirnya dikirim ke percetakan.
 
Sementara itu, Pengawas pendidikan Agama Islam Kemenag Pamekasan, Imam Sutarji justru menganggap hal seperti itu sudah menjadi kebiasaan di dunia pendidikan baik tingkat daerah hingga nasional.
“Hal seperti ini sudah biasa, jangankan soal di daerah, ujian nasional juga banyak yang keliru,” katanya.

Ditambahkan Imam, kesalahan pembuatan naskah tersebut memang kesalahan editor di kemenag, namun sudah diselesaikan melalui forum dengan sekolah.

Penulis : Fatahillah Kamali
Editor : Gebril

Email Autoresponder indonesia