Nelayan di Sumenep Doa Bersama Memohon Terhindar dari Bencana

Nelayan Desa Aengdake ketika melarungkan sesajen untuk ritual memohon keselamatan. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM.-Nelayan di Desa Aengdake Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, menggelar doa bersama memohon agar terhindar dari bencana gempa dan tsunami, yang melanda beberapa daerah belakangan ini, Sabtu (13/10/2018).

Sebelum melaksanakan doa bersama, mereka mengawali dengan khataman Al-quran dan pembacaan shalawat.Ritual keagamaan tersebut, berlangsung di pinggir pantai desa setempat.

Setelah itu, para nelayan bersama-sama menaiki perahu yang dilengkapi dengan hiasan berwarna warni menuju ke tengah laut untuk melarungkan sesajen. Mereka berharap dapat diberikan keselamatan dan hasil tangkapan ikan melimpah.

“Kegiatan ini merupakan puncak dari rentetan kegiatan hataman Al-quran di setiap Masjid dan Musalla, yang dilakukan setiap dusun pasca bencana gempa yang terjadi di kabupaten Sumenep beberapa waktu lalu,” ujar tokoh masyarakat setempat, Abdurrafik.

Diharapkan dengan kegiatan ini, Desa Aengdake yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan, kedepannya diberikan keselamatan, tidak terjadi bencana gempa maupun tsunami seperti yang marak terjadi belakangan ini.

” Ini juga bentuk rasa syukur kita, atas hasil dari tangkapan di laut, yang merupakan penghasil sehari-hari,” tandasnya. (*)

Penulis: Sai

Editor: Ahmad