Nilai Pas-Pasan, Ratusan Siswa Ketar-Ketir Mendaftar ke Sekolah Favorit

image

Siswa Mendaftar ke Sekolah Favorit

Bangkalan, maduracorner.com – Gara- gara nilai ujian nasional (NUN) pas-pasan alias kecil, ratusan siswa saling intip saat hendak mendaftar ke sekolah favorit di kota Bangkalan. Fenomena saling intip nilai antar siswa dan orang tua yang ikut mengantar ini merupakan suatu pemandangan lumrah saat memasuki tahun ajaran baru. Khususnya pada pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB), baik untuk tingkat SMP maupun SMA dan sederajat.

“Kalau punya NUN besar, gak masalah mas. Tapi jika NUN kecil seperti saya dan teman lainnya, harus saling intip jika ingin diterima di sekolah favorit,”ujar salah seorang calon siswa baru, Hendi kepada maduracorner.com saat ditemui di SMAN 2 Bangkalan, jum’at (3/7/2015) pagi.

Hendi menceritakan, ia terpaksa harus bolak balik ke SMAN 2 Bangkalan untuk melihat daftar ranking nilai siswa yang sudah mendaftar. Sebab jumlah siswa yang akan diterima SMAN 2 Bangkalan hanya 183 siswa.

Dengan catatan jumlah pendaftar pertama NUN tertinggi 381 dan terakhir nilai NUN 356,50, maka Hendi yang memiliki NUN 360,60 masih aman. Ia sendiri berada di urutan 170 dari 183 siswa yang mendaftar. Namun jika pendaftar dengan nilai lebih baik bertamah, tentu ranking nilai Hendi akan semakin turun. Atau bahkan tergusur dari daftar 183 siswa tersebut.

Ini pula yang ditakutkan Hendi. Dia pun akhirnya mencabut berkas pendaftarannya untuk secepat nya mendaftar ke SMAN 3 Bangkalan. “Saya khawatir dengan sisa waktu sampai besok, akan tersingkir oleh siswa yang memiliki NUN lebih besar”,tuturnya dengan wajah sedih.

Sementara di SMAN 3 Bangkalan, NUN tertinggi siswa pendaftar yakni 385,70 dan terendah 340,75. Bagi Hendi atau siswa lain, kans untuk diterima lebih terbuka apalagi dengan jumlah pagu 226 siswa.

“Berkas pendaftaran di SMAN 2 Bangkalan, sudah saya cabut. Saya mendaftar ke SMAN 3 saja. Sebab lebih memungkinkan diterima karena NUN -nya banyak yang lebih kecil-kecil,”papar Hendy sambil tersenyum. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia