Nilai UN Tak Lagi Menentukan Kelulusan, Sekolah Diminta Tak Obral Nilai Pada Siswanya

image

Siswa sedang istirahat

Bangkalan, maduracorner.com – Walaupun tahun ini akan diberlakukan kurikulum nasional (Kurnas), namun naskah soal Ujian Nasional (UN) untuk SMP, SMA dan SMK 2016 akan menggunakan irisan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tahun 2006 serta kurikulum 2013 (K13) secara acak.

Kasie Kurikulum SMP, SMA dan SMK Disdik Kabupaten Bangkalan, Risman Iriyanto  menjelaskan, UN tingkat SMA sederajat akan digelar selama 3 hari. Yakni tanggal 4-6 April 2016. Sedangkan untuk tingkat SMP juga 3 hari mulai tanggal 9-11 Mei 2016.

“Tapi hasil UN SMA dan SMP tersebut tidak menjadi penentu kelulusan seorang siswa. Tepatnya, hanya untuk mengukur sampai dimana kwalitas nilai kelulusan dari lembaga sekolah masing-masing”,jelas Risman kepada maduracorner.com, rabu (27/1/2015).

Ia melanjutkan, sekolah bebas menentukan tingkat kelulusan sendiri melalui nilai rapot ujian sekolah. Meski begitu, Disdik  Bangkalan berharap sekolah harus menjaga mutu masing-masing dalam memberi penilaian. “Walaupun setiap sekolah bebas menentukan kelulusan siswanya, namun kami harap sekolah tidak obral nilai dan menjaga mutu sekolah masing-masing,”pinta Risman. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia