Operasi Keselamatan Semeru 2018, Polisi Mengutamakan Sanksi Teguran

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Polres Bangkalan menggelar apel pasukan dalam rangka persiapan Operasi Keselamatan Semeru 2018, Kamis (1/3/2018). Operasi yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia ini, akan dilaksanakan mulai 5 Maret-25 Maret 2018

“Awalnya operasi ini akan digelar sejak 1 Maret-21 Maret 2018. Tapi, karena ada suatu hal sehingga terjadi perubahan,” ucap Kasat Lantas Polres Bangkalan, AKP Inggit Prassetyanto.

Operasi yang akan berlangsung selama 21 hari itu, bertujuan untuk
meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Terutama, mendukung kebijakan promoter kapolri demi terciptanya kamseltibcarlantas.

“Kepada seluruh masyarakat, khususnya pelajar agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas guna meminimalisir terjadinya kecelakaaan,” pesannya.

Mantan Kasat Lantas Batu ini menuturkan, yang diutamakan dalam operasi keselamatan adalah memberikan edukasi kepada pengguna jalan bagaimana tata cara berlalu lintas dengan baik dan benar.

“Pengguna jalan yang melakukan pelanggaran hanya diberikan sanksi teguran selama tidak berpotensi menjadi penyebab kecelakaan,” imbuhnya.

Inggit memaparkan empat kategori pelanggaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan. Sebut saja, sepeda motor yang melawan arus, menggunakan hand phone, boncengan lebih dari satu orang dan pengendara belum cukup umur.

“Tindakan pre-emtif dan preventif disertai penegakan hukum secara selektif prioritas menjadi pegangan anggota yang bertugas di lapangan,” tandasnya. (*)

Penulis : Riyan Mahesa

Editor : Achmad

Email Autoresponder indonesia