Overload, Komisi D Sarankan Sekolah Favorit Direlokasi

610 views
ketua KOmisi D Mukaffi Cholil. foto : aryan/mc.com

ketua KOmisi D Mukaffi Cholil. foto : aryan/mc.com

Wacana Relokasi Sekolah | Oleh:Aryan
Maduracorner.com, Bangkalan – Sejumlah sekolah favorit di Bangkalan dinilai sudah overload untuk siswa baru. Selain terbatasnya kapasitas kelas, juga karena tidak memadainya lahan untuk menambah ruang kelas baru di sekolah tersebut. Karena itu, sekolah tersebut disarankan untuk direlokasi.

Salah satu sekolah yang banyak difavoritkan namun dinilai overload itu adalah SMPN 1 Bangkalan.

“SMPN 1 Bangkalan saat ini sudah mengalami over load dan sudah tidak mampu lagi menampung jumlah siswa yang semakin membeludak. Karena itu, perlu dipikirkan untuk direlokasi ke lahan baru,” ujar Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, Mukaffi Cholil, kepada MC.com, Selasa (2/7).

Menurutnya, gedung yang ditempati SMPN 1 Bangkalan saat ini merupakan bangunan tua yang berdiri sejak zaman perjuangan dulu. Meski sudah mengalami beberapa kali renovasi, namun Mukaffi menilai kondisinya saat ini sudah tidak layak lagi untuk ditempati sebagai proses KBM.

“Jumlah siswanya dari tahun ketahun terus meningkat. Akibatnya, pihak sekolah sering mengambil jalan pintas dengan memberlakukan shift belajar pagi dan siang. Karena lahan yang di miliki SMPN 1 Bangkalan sangat terbatas dan tidak bisa lagi dikembangkan untuk bangunan baru,” ulas Mukaffi seraya juga menilai kurang efektif terhadap pemberlakuan shift belajar siang.

“Makanya perlu ada rencana untuk relokasi ke lahan baru. Soal kemana dan dimana tempat relokasi  SMPN 1 Bangkalan yang pas, itu bisa dibicarakan lebih lanjut antara pihak eksekutif dan legislatif,” pintanya.

Untuk sementara, sarannya, SMPN 1 Bangkalan sebaiknya memberlakukan pagu dengan jumlah yang tidak melebihi kapasitas kelas.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia