P2KD Dilarang Pungut Tambahan Biaya Pilkades

1739 views
56Pilkades
Bangkalan, Maduracorner.com – Komisi A DPRD Bangkalan melarang Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) seluruh kabupaten Bangkalan memungut biaya tambahan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang akan digelar Oktober 2016 nanti. Larangan tersebut disampaikan karena melihat semakin beraninya beberapa P2KD di tingkat desa melakukan praktik pungutan kepada calon kepala desa (cakades) dengan dalih kekurangan biaya dalam pelaksanaan pilkades serentak yang akan datang.
Tak heran jika kalangan legislator Bangkalan menjadi geram melihat kenyataan tersebut. “Biaya pelaksanaan pilkades serentak Bangkalan 2016 sudah dianggarkan dari APBD dan APBDes. Ingat, P2KD tidak boleh melakukan pungutan dalam bentuk apapun kepada cakades. Apalagi meminta sumbangan yang disamarkan dalam bentuk hibah, juga tidak boleh,” ucap Sekretaris Komisi A DPRD Bangkalan, Mahmudi, Jumat, (17/6/2016).
Politikus yang sudah kenyang pengalaman tersebut menjelaskan cara hibah itu dilarang karena dirinya khawatir pemberian hibah itu akan disalahgunakan. “P2KD tidak boleh minta sumbangan dengan alasan kekurangan biaya dalam bentuk hibah,” paparnya.
Pihaknya juga tidak main-main dalam memberi himbauan tersebut. Jika P2KD masih juga nekad dan melanggar ketentuan, sanksi berat sudah menunggu.  “Jika P2KD masih tetap ngotot melakukan pungutan, sanksi berat sudah menunggu,” pungkasnya.
Penulis : Sumaryanto

Editor   : Buyung Pambudi

Email Autoresponder indonesia