PAD Kabupaten Bangkalan masih Minim

682 views
Refleksi Akhir Tahun-Foto: Agus /MC.com

Refleksi Akhir Tahun-Foto: Agus /MC.com

Pemkab Masih bisa mendonkrak PAD I oleh : Agus Budi

Maduracorner.com,Bangkalan– pengamat ekonomi Dr. Muh. Syarief yang hadir sebagai analis pada acara refleksi akhir tahun Bupati Bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad . Menilai Pendapatn Asli Daerah (PAD)kabuapten Bangkalan pada tahun 2013 masih minim. “Idealnya pada RAPBD anggaran belanja langsung seperti belanja modal yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat haruslah menjadi prioritas,” kata Syarief dalam acara refleksi akhir tahun di pendopo R Pratanu, Senin (23/12)

Dikatakan Syarief, peningkatan Pendapatan Asli Daerah masih bisa didongkrak dengan baik untuk menunjang sektor-sektor pembangunan di Kabupanten. Bangkalan.

Hal lain yang perlu diperhatikan kata Syarief adalah penanaman modal dan investasi yang minim terkait industrialisasi dan pembangunan terpadu. “Dari data tahun 2011, Kabupaten Bangkalan ternyata bukan daerah yang menarik minat para investor dalam menanamkan modalnya,” jelas Syarief.

Salah satu kelemahannya lanjut Syarief adalah masing-masing daerah di Madura, khususnya di Bangkalan tidak adanya profil Daerah yang mendiskripsikan peta potensi wilayah dan yang bisa dijual kepada para investor.

Kelemahan lainnya, imbuh Syarief adalah semangat primordial dan ego ke-daerahan dalam ikut membangun Madura pasca Suramadu selesai dibangun. “Tidak ada upaya di empat Kabupaten di Madura ini dalam merumuskan sebuah konsep pembangunan terpadu di Pulau Madura secara komprehensif dan ter-struktur,” pungkasnya.(gus/shb)

Email Autoresponder indonesia