Pak De Minta Bupati Makmun Segera Rangkul Seluruh Elemen Masyarakat

gubernur jatim sukarwo. foto : krs/mc.com

gubernur jatim sukarwo. foto : krs/mc.com

Pak De Ingatkan Bupati Makmun | oleh : krism

Maduracorner.com, Bangkalan-R. Makmun Ibnu Fuad dan Ir. Mondir A Rofii, pagi kemarin akhirnya secara resmi dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan masa jabatan tahun 2013-2018 di pendopo kabupaten setempat.

Pada pelantikan yang digelar melalui sidang paripurna istimewa DPRD Bangkalan itu, Bupati Makmun dan Wakil Bupati (wabup) Mondir juga mengikrarkan sumpah yang dipandu Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi melalui Gubernur Jatim Soekarwo.

Usai pengambilan sumpah, Gubernur Sukarwo dalam sambutannya berkelakar bahwa sebenarnya yang jadi bupati tetap Fuad Amin. Sedangkan Makmun hanya penggantinya saja.

“Pak Fuad tetap Bupati, sedangkan Ra Momon (Makmun Ibnu Fuad) hanya menggantikan,” kelakar Soekarwo.

Tak hanya itu, Soekarwo juga menyinggung bahwa proses suksesi di Bangkalan ini terbilang paling unik diantara suksesi daerah lain sehingga layak untuk dicatat musium rekor indonesia (Muri).

“Selain usianya yang saat ini mencatatkan rekor termuda, yakni 26 tahun 4 bulan. Bupati Makmun ini juga anak mantan Bupati, Wakil Bupatinya juga adik mantan Wakil Bupati. Ini sungguh unik,” kata Soekarwo.

Namun yang terpenting, masih menurut Sukarwo, harus disadari bahwa di pundak mereka berdua tersemat tanggung jawab yang besar. Karena itu, usai pelantikan Sukarwo meminta agar Bupati dan Wabup yang baru dilantik ini segera menyatukan seluruh elemen masyarakat untuk membangun Bangkalan dengan segala potensi yang dimiliki.

Untuk itu, Bupati dan Wabup harus bisa bersinergi tanpa mengesampingkan aspek proporsionalitasnya.

“Karena yang banyak terjadi, konflik internal pemerintah kerap diawali oleh hilangnya sinergi antara bupati dan wakilnya,” pungkas Pak De, panggilan akrab Gubernur Soekarwo.(krs)

Email Autoresponder indonesia