Pancaroba, Waspada Hujan Serta Angin Kencang!

1040 views
image

kantor BPBD Sampang

Sampang, maduracorner.com – Pergantian musim kemarau ke musim hujan atau musim pancaroba berdampak pada tejadinya angin kencang. Hujan lebat yang disertai angin kencang akan melanda beberapa wilayah di Kabupaten Sampang.

Hal itu diungkapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang. Wilayah yang berpotensi dilanda angin kencang maupun puting beliung diantaranya wilayah tengah Kabupaten Sampang. Yakni Kecamatan Robatal, Tambalangan, Kedungdung dan Karang Penang.

“Cuaca ekstrem terjadi karena dampak dari angin el nino, hujan deras disertai angin kencang berdampak terjadinya puting beliung. Untuk itu masyarakat harus waspada,” kata Kepala BPBD Sampang Anan Joenaidi, Rabu (11/11/2015).

Anang menghimbau, masyarakat yang memiliki pohon tua tinggi dan mudah  rapuh agar dipangkas. Selain itu juga rumah yang memiliki atap ringan agar diperbaiki.

“Terutama rumah semi permanen, setidaknya masyarakat memperbaiki atapnya agar lebih kuat,” sambungnya.

Selain puting beliung, cuaca ekstrem juga bisa berdampak pada terjadinya longsor. Dan wilayah tengah Kabupaten Sampang masih menjadi incaran musibah longsor, sebab wilayah tersebut memiliki kemiringan tebing yang curam.

“Longsor diakibatkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi, empat wilayah itu berada di perbukitan,” tukasnya. (far/yung).

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor   : Buyung Pambudi

Email Autoresponder indonesia