Panen Gabah Kering Padi Hibrida variesta 2014, Ditargetkan 14 Ton/Hektar

Panen Padi Hibrida 2014| Oleh: Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – Tahun 2014 yang akan datang menjadi tahun tantangan bagi Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangkalan. Mengapa, pasalnya Kementerian Pertanian RI menargetkan panen padi Hibrida pada tahun 2014 nanti sebanyak 14 ton/hektarnya
Praktis, selama tahun 2013 hingga tahun 2014 ini harus bekerja ektra keras.. “Tahun ini kita sudah mulai gerak cepat dengan beberapa program yang sudah disiapkan oleh pimpinan demi tercapainya target yang diharapkan,” ujar Lily, Sabtu. (16/02).

Salah satu diantaranya, adalah dengan menggalakan Sekolah Lapangan Pengelolahan Tanaman Terpadu (SLPTT) komuditi padi Hbrida diseluruh kecamatan di Kabupaten Bangkalan. Termasuk mengumpulkan Mantri Tani dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) se – Kabupaten Bangkalan dengan memberi pembekalan tentang tehnik dan motivasi agar target 14 ton/hektar tercapai. “Semua unsur di Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangkalan harus dilibatkan. Baik dari pemikiran, tehnis dilapangan dan pelaksanaannya harus betul- betul terkoordinir dengan baik,” terangnya.

Salah satu contoh yang pernah berhasil mencapai target pemakaian benih hibrida tahun 2012 dengan hasil 9 ton/hektar adalah Kelompok Tani di Desa Serabih Barat Kecamatan Modung, sekarang tinggal keuletan PPL, Mantri Tani dan petani untuk saling bekerjasama dilapangan dalam meningkatkan hasil produksi panen gabah keringnya. “Nah Kerja keras, kerja keras disitu kuncinya,” pungkas Lily. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia