Panorama Taman Laut Pulau Gili Labak Sumenep

975 views

Dijadikan ajang olahraga bahari, selam  dasar dan selam. By : An

Gili Labak

Maduracorner.com.Bangkalan – Pulau ini  mempunyai luas lima hektare (ha) dan dihuni 35 kepala keluarga (KK) atau  105 jiwa. Rinciannya, perempuan 58 orang dan laki-laki hanya 36 orang,  sisanya 9 orang masih anak-anak. “Pulau Gili Labak mempunyai keindahan  tersendiri. Selama ini telah banyak dikunjungi wisatawan mancanegara  yang sengaja datang melalui jalur laut dari Pulau Bali,” kata Busyro,  Sabtu 23 Juli 2011.
Menurut dia, pulau yang bisa ditempuh dari  wilayah Kecamatan Talango antara 1 sampai 1,5 jam dengan menggunakan  perahu layar motor (PLM) atau perahu rakyat tersebut bisa dijadikan  lokasi menyelam dan snorkeling. “Potensi baharinya sangat menakjubkan.  Selama ini sudah sering digunakan untuk diving dan snorkeling oleh  wisatawan,” ujar Busyro.

Kondisi perairan Pulau Gili Labak  tersebut cukup tenang dan bersih. Ikan warna-warni terlihat jelas dari  permukaan. Didukung kondisi pasir putih dan bersih membuat pengunjung  betah berada dipulau yang masih perawan tersebut. Saat ini, Taman laut  di Pulau Gili Labak juga acap dijadikan ajang olahraga bahari, selam  dasar dan selam profesional (scuba diving).

Setiap pengunjung,  selalu berusaha mengelilingi pulau tersebut, baik dengan cara  menggunakan perahu rakyat maupun berjalan kaki lewat pesisir pantai.  “Hanya membutuhkan 30 sampai 45 menit untuk mengelilingi pulau Gili  Labak,” katanya.
Penduduk RamahHubungan antarwarga Pulau  Gili Labak yang kehidupannya berada di laut sangat ramah. Mereka juga  senang bila ada pengunjung datang dari luar. Bahkan, rela menyewakan  tempat istirahat bagi pengunjung dengan fasilitas seadanya. Memang,  belum ada fasilitas penginapan maupun fasilitas lain sebagaimana lokasi  wisata pada umumnya.

Penerangan pada malam hari di pulau di timur  Pulau Madura itu menggunakan listrik tenaga surya (LTS). Bagi mereka  yang mempunyai kemampuan lebih menggunakan disel listrik pribadi. Tak  ada restoran atau tempat makan yang representatif bagi pengunjung,  sehingga yang ingin berlama-lama di pulau tersebut perlu membawa makanan  dari Pulau Poteran atau Pelabuhan Kalianget.

Ketua RT 05 Pulau  Gili Labak, Abd Jalil, mengatakan, para pengunjung dari luar daerah  memang perlu membawa makanan sendiri atau menghubungi setiap warga yang  bisa membantu untuk memasak. “Kalau di sini hanya warung kecil yang ada  dan menjual makanan instan,” katanya.

Pemerintah setempat maupun  dari pengusaha lokal belum melakukan sesuatu untuk mengembangkan lokasi  wisata bahari di Pulau Gili Labak, sehingga kondisinya masih belum  terjamah. “Kalau pagi dan sore hari ini, kebanyakan pengunjung ada di  pinggir pantai menikmati hangatnya matahari. Kalau siang banyak yang  berteduh di bawah ribuan pohon kelapa yang hidup subur,” katanya.
Foto Lengkap Pulau Gili Labak

PROFIL PULAU GILI LABAK

Geografis         : Berada di sebelah Tenggara Pelabuhan Kalianget
Administratif     : Kecamatan Talango Kabupaten Sumenep
Penduduk         : 105 jiwa
Potensi wisata :  – Pasir putih
– Panorama laut untuk diving dan snorkeling
Kelemahan      :   – Aksesnya 1,5 jam dengan menggunakan perahu layar motor dari Kecamatan Talango
–    Listrik menggunakan tenaga surya dan disel.

 

Sumber : MADURA CHANNEL

Email Autoresponder indonesia