Panwas Telusuri Proses Rekrutmen PPL

829 views
zamrud Khan, ketua Panwaslu Kabupaten Sumenep. foto : akhmad/mc.com

zamrud Khan, ketua Panwaslu Kabupaten Sumenep. foto : akhmad/mc.com

 

Buntut Temuan Kejanggalan | oleh : akhmad

Maduracorner.com, Sumenep– Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten Sumenep menemukan sejumlah anggota Panwas lapangan (PPL) yang tengah dalam proses rekrutmen ternyata juga menjabat PPS, P2DP dan Pantarlih. Menindak lanjuti temuan kejanggalan itu, Panwaslu melakukan penelusuran ke sejumlah daerah guna memastikan tenaga PPL yang diterima bersih dari kepentingan.

“Sekarang ini, kami instruksikan kepada seluruh Panwascam dimasing-masing kecamatan untuk terus melakukan penyisiran dan penelusuran. Karena khawatir semua kecamatan terjadi kasus yang sama,” ujar Ketua Panwaslu kabupaten Sumenep, Zamrud Khan.

Zarmrud berharap dengan penyisiran dan penelusuran ke tingkat Panwascam, temuan kesalahan dalam proses rekrutmen PPL tidak akan terjadi lagi. Sebaliknya jika itu terjadi, maka anggota PPL yang juga merangkap sebagai PPK, PPS, P2DP bisa dibilang telah menciderai demokrasi. Dan nantinya panwaslu akan melimpahkan temuan yang mereka dapatkan kepada pihak terkait untuk diproses lebih lanjut, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Apabila itu benar, maka mereka yang terindikasi seperti itu harus diproses oleh PPK yang secara struktural berada di bawahnya. Kami hanya mengawasi dan menelusuri, selebihnya ada pada PPK, bukan pada lembaga kami,” tegasnya.(akh/krs)

Email Autoresponder indonesia