Panwaskab Bangkalan Belum Temukan Pelanggaran Selama Masa Kampanye

Bendera Parpol Peserta Pemilu-foto : Aryan/MC.com

Bendera Parpol Peserta Pemilu-foto : Aryan/MC.com

3 Parpol Tak gunakan Hak Kampanyenya | Oleh : Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – Hingga memasuki hari ke – 6 masa kampanye, panwaskab Bangkalan belum menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh 12 partai politik peserta pemilihan legislatif (pileg) DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten di Bangkalan. “Hingga memasuki hari ke-6 pelaksanaan kampanye ini, kami belum menemukan satupun pelanggaran, baik pelanggaran ringan, sedang dan berat,” kata Ketua Panwaskab Bangkalan, Siti Zahra Ira melalui Devisi SDM Panwaslu Bangkalan, Mashuri saat ditemui di KPUD Bangkalan, Jum’at, (21/3).

Masih amannya suasana pelaksanaan kampanye pileg itu, kata dia, tidak terlepas dari adanya saling pengertian antar sesama kontestan parpol untuk menghindari terjadinya gesekan dan sama – sama menahan diri di tingkat massa pendukung dan simpatisan masing-masing parpol, termasuk belum adanya laporan dari pihak PPL dan Panwascam yang bertugas di 18 kecamatan. “Mudah – mudahan kondisi aman, tertib dan kondusif ini bisa terus dijaga dan dipertahankan hingga pelaksanaan pemungutan suara nanti,” harapnya.

Masalah adanya informasi dari aparat keamanan yang memprediksi terjadi kerawanan di berapa daerah pemilihan (dapil) sebagaimana diberitakan oleh berbagai media cetak, online dan tv serta 3 parpol peserta pileg 2014 yang menggunakan hak kampanyenya. Menurut Mashuri, itu syah-syahnya saja hukumnya jika dilihat dari kaca mata pengamanan juga sebagai salah satu tindakan prefentif yang perlu mendapat dukungan dari kontestan pileg yang telah dan ikut menanda tangani kesepakatan kampanye damai yang digelar Sabtu, (15/3) lalu. Juga berbagai pihak untuk bersama – sama menciptakan suasana tenang dan nyaman ditengah – tengah masyarakat Bangkalan.

“Soal tidak dipergunakannya hak kampanye pileg oleh 3 parpol (PBB, Hanura dan PDI-P), kita tidak boleh ikut campur karena itu mutlak hak parpol masing – masing,” pungkas Mashuri. (yan/shb)

Email Autoresponder indonesia