Pasar Lomaer Blega, Kumuh

3348 views

Pasar Lomaer Kumuh | Oleh : Aryan

Sampah berserak didepan pasar Lomaer Kecamatan Blega. Foto : Sumaryanto/MC.com

Sampah berserak didepan pasar Lomaer Kecamatan Blega. Foto : Sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan –Karena kurang dijaga kebersihan dan lingkungan sekitarnya, pasar Lomaer Kecamatan Blega kotor dan kumuh. “Dari dulu memang begini mas, sampah-sampah yang berserakan didepan pasar ini seperti sengaja dibiarkan dan kurang mendapat perhatian,” kata Rosidi, salah satu tukang ojek yang biasa mangkal di pertigaan jalan dekat pasar tersebut.

Tidak hanya itu lanjut dia, didepan dan didalam pasar sama kumuhnya. Tak heran jika musim hujan seperti saat ini, disamping merusak pemandangan karena jorok,  sampah yang bercampur bekas limbah pedagang makanan, seperti perut ikan laut dan ayam potong membuat bau yang sangat menusuk hidung. “Harapan saya, setidaknya kebersihan pasar tetap menjadi perioritas utama sehingga warga yang berkunjung  kepasar dengan segala macam kebutuhan yang diperlukan merasa nyaman, bukan seperti sekarang, banyak sampah tampak dimana-mana,” usulnya.

Senada juga diungkapkan oleh, Rosinah pemilik salah satu toko depan pasar Lomaer. “Coba lihat bangunan toko yang paling timur dari deretan saya ini, itu sudah bertahun-tahun temboknya dibiarkan rusak dan tanpa atap. Itu merusak citra pasar kalau tidak segera diperbaiki. kalau soal sampah memang dari dulu begini, tidak pernah diurus,” terang Rosinah.

Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Bangkalan, Bambang Setyawan yang dikonfirmasi melalui KTU Kantor Pengelolaan Pasar Bangkalan, W. Mustofa mengatakan setiap habis hari pasaran Kamis dan Minggu, sorenya langsung dibersihkan. ” Begitu habis pasaran, sore harinya sampah langsung dibersihkan dan diangkut dengan truck sampah,” kata Mustofa.

Ketika di Tanya soal adanya rumor yang mengatakan jika Kepala pasar Lomaer dan stafnya hanya masuk pada hari pasaran saja, Mustofa menyatakan, bahwa rumor itu tidak benar. “Wah, informasi itu tidak benar mas, klau bukan hari pasaran, kepala pasar setempat dan stafnya harus masuk di Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Bangkalan,”pungkasnya (yan/min)

Email Autoresponder indonesia